PENDEKATAN EXTREME PROGRAMMING MODEL PADA PERANCANGAN APLIKASI MENGGUNAKAN UML

Sita Muharni1* Usep Saprudin2 Komang Yudhistira3
(1) STMIK Dharma Wacana
(2) STMIK Dharma Wacana
(3) STMIK Dharma Wacana
(*) Corresponding Author

Abstract

Extreme Programming merupakan proses rekayasa perangkat lunak yang cenderung menggunkan pendekatan berorintasi objek. Metode Extreme Programming ini memberikan keselarasan terhadap perubahan-perubahan dari sisi desain dan fitur dengan penanganan secara fleksibel. Pada tahapan desainya peneliti ini akan menggunakan UML (Unified Modelling Language). Dalam desain UML menggunakan Use Case Diagram, Activity Diagram, dan Sequence Diagram. Hasil penelitian ini akan menjadi dasar dalam membangun aplikasi mobile yang nantinya menjadi alat bantu penghapalan mantra.

Keywords

Aplikasi, Extreme Programming, UML(Unified Modelling Language).

Full Text:

PDF

References

B. A. Candra, K. Muludi, A. R.Irawati, “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Terpadu (SIMANTEP) Online PT. PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Tarahan Lampung Dengan Metode Exttreme Programming”, Jurnal Komputasi, Vol. 1, No. 1,2012

Hakim, Rachmad, dan Sutarto, 2009, Mastering Java. Jakarta : Media Komputindo

Hermawan, Stephanus S. 2011. Mudah Membuat Aplikasi Android. Yogyakarta: C.V Andi

Laboraturium Rekayasa Perangkat Lunak. 2013. Extreme Programming. TeknikInformatika, FTIF, ITS. (diakses 17 Oktober 2017, link: http://rpl.if.its.ac.id/extreme-programming/)

Lubis, B. O (2016). Penerapan Global Extreme Programming Pada Siste Informasi Workshop, Seminar Dan Pelatihan Di Lembaga Edukasi. Jurnal Informatika, 3(2),234-246. Retrieved from http://ejurnal/index.php/ji/articel/view/1055

Ladjamudin , Al BahraBin, 2006. Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mustaqbal, M . Sidi, Roero Fajri Firdaus, Hendra Rahmadi 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analiysis Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol.1.No.3.

Nidhra, Srinivas dan Jagruthi Dondeti. 2012. Black box and White box Testing Techriques – A Literature Review. International Journa of Embedded Systeam and Application (IJESA) Vol 2, No.2.

R. Ferdiana,”Rekayasa Perangkat Lunak yang Dinamis dengan Global Etreme Programming”,Yogyakarta, Andi,2012.

Soetam, Rizkiy. 2011 “Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak”. Jakarta: Prestasi Pustaka.

U. Ependi, Q. Widiyanti “Rancang Bangun Aplikasi Kamus Istilah Akutansi Pada Smartphone Dengan Metode Extreme Programming, STMIK AMIKOM yogyakarta, 2014

Widhiartha, Putu, 2008. Etreme Progreamming-Melakukan Pengembangan Perangkat Lunak Dengan Lebih Sederhana.www.ilmukomputer.org.

Widodo. 2008. Extreme Programming: Pengembangan Perangkat Lunak Semi Formal. Falkutas Teknik Universitas Negri Jakarta. e-Indonesia Initiative 2008 (Eii2008).

Supriyatna, A. (2018). Metode Extreme Programing Pada Pembangunan web Aplikasi Seleksi Peserta Pelatihan Kerja. Jurnal Teknik Informatika, 11(1),1-18.http://doi.org/10.15408/jti.v11i1.6628

Timbowo, Deify. 2016. Manfaat Penggunaan Smartphone Sebagai Media 2.2. Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi.

Rahmi Raisya, Perdana sari, Rika, dan Suhatman, Rahmat. Pendekatan Metodologi Extreme Programming Pada Aplikasi E-commerce (Studi Kasus Sistem Informasi Penjualan Alat-alat Telekomunikasi). Junal Komputer Terapan Vol.2,No, November 2016, 83-92. Politeknik Caltex Riau

Y. I. Chandra, “Perancang Aplikasi Resep Makanan Tradisional Indonesia Menggunakan Pendekatan Aglie Process Dengan Model Etreme Programming Bebasis Android “, Seminar Nasional APTIKOM(SEMINASTIKOM),2016



DOI: https://doi.org/10.53514/ir.v2i1.86

Article Metrics

Abstract views: 560 times
PDF Downloaded: 303 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

 

 

 

 

 

 

____________________________

Organized by: Fakultas Teknologi Bisnis dan Sains (FTBS)
Published by: Universitas Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671
Email: lppmstmikdw@dharmawacana.ac.id

Jurnal I-Robot disupport juga oleh:


Web Analytics Made Easy - StatCounter
View IRobot Statcounter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.