APLIKASI PENILAIAN DARING

M Nur Ikhsanto1 Budi Sutomo2 Estu Putri3*
(1) STMIK Dharma Wacana
(2) STMIK Dharma Wacana
(3) STMIK Dharma Wacana
(*) Corresponding Author

Abstract

Penilaian atau pengisian angka hasil belajar pada masa pandemi covid-19 menjadi permasalahan serius, selain dari kegiatan belajar mengajar antara peserta didik dan tenaga pendidik, dalam proses penilaian pada kampus STMIK Dharma Wacana tidak secara online, adapun keluhan yang dialami dosen dan mahasiswa yaitu proses penilaian pada masa pandemi tidak bisa dilakukan secara tatap muka. dengan adanya permasalahan tersebut agar dapat membantu dosen dan mahasiswa dalam menangani masalah maka perlu dibangun sebuah aplikasi untuk proses penilaian dan pembelajaran secara online. Jenis penelitian ini menggunakan metode design UML dan pengembangan sistem menggunakan model waterfall yang meliputi tahap analisis, design, implementasi dan pengujian

Keywords

Penilaian Daring, Metode design Unified Modeling Language, Covid-19

Full Text:

PDF

References

Anisa, K., & Badriah , S. K. (2019). rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. jurnal PETIK volume 5, nomor 1, maret 2019, 5, 31-47.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring Selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. online jurnal skripsi PGSD Universitas Sanata Dharma vol.1, no. 1, september 2020, 1, 282-289.

Arikunto, Suharsimi. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara: Jakarta.

Chaeruman, U. A. (2017). PEDATI - Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. Jakarta: Kemenristekdikti.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Goksu, I. (2016). The Evaluation of the Cognitive Learning Process of the Renewed Bloom Taxonomy Using a Web Based Expert System. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology – October 2016, volume 15 issue 4, 135-151

Hidayatullah, dan Kawistara, 2015. Pemrograman Web. Bandung: Informatika.

Kartowagiran, B,. & Jaedun A. (2016). model asesmen autentik untuk menilai hasil belajar siswa sekolah menengah pertama (SMP): implementasi asesmen autentik di smp. jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan volume 20, no 2, desember 2016, 20, 131-141.

Levin, James & James F. Nolan, (1993). Classroom Management. New York: Prentice Hall-Inc.

Llyod, S.B., and Dugan, L. (1995). The Training and Development Sources Book. Massachusetts: HRD Press and Publication.

Mustofa, M. I., & Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi. walisongo journal of information technology, vol.1 no. 2 2019, 1, 151-160.

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-8.

Priyanto, Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer, Jakarta: INSANIA, 2009.

Sadikin, A,. & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi ISSN 2580-0922 (online), ISSN 2460-2612 (print) Volume 6, Nomor 02, Tahun 2020, 6, 214-224.

Sulianta, Andi. (2017). Teknik Perancangan Arsitekstur Sistem Informasi. Yogyakarta:

Smart, Aqila. (2010). Anak Cacat Bukan Kiamat: Metode Pembelajaran dan Terapi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Katahati

Tafqihan, Z. (2011). Karakteristik dan Pemilihan Media Pembelajaran dalam E-Learning. Jurnal Cendekia Volume 2 Nomor 9 tahun 2011, hal: 141-154, ISSN: 2477-796X.

Anisa, K., & Badriah , S. K. (2019). rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. jurnal PETIK volume 5, nomor 1, maret 2019, 5, 31-47.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring Selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. online jurnal skripsi PGSD Universitas Sanata Dharma vol.1, no. 1, september 2020, 1, 282-289.

Arikunto, Suharsimi. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara: Jakarta.

Chaeruman, U. A. (2017). PEDATI - Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. Jakarta: Kemenristekdikti.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Goksu, I. (2016). The Evaluation of the Cognitive Learning Process of the Renewed Bloom Taxonomy Using a Web Based Expert System. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology – October 2016, volume 15 issue 4, 135-151

Hidayatullah, dan Kawistara, 2015. Pemrograman Web. Bandung: Informatika.

Kartowagiran, B,. & Jaedun A. (2016). model asesmen autentik untuk menilai hasil belajar siswa sekolah menengah pertama (SMP): implementasi asesmen autentik di smp. jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan volume 20, no 2, desember 2016, 20, 131-141.

Levin, James & James F. Nolan, (1993). Classroom Management. New York: Prentice Hall-Inc.

Llyod, S.B., and Dugan, L. (1995). The Training and Development Sources Book. Massachusetts: HRD Press and Publication.

Mustofa, M. I., & Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi. walisongo journal of information technology, vol.1 no. 2 2019, 1, 151-160.

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-8.

Priyanto, Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer, Jakarta: INSANIA, 2009.

Sadikin, A,. & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi ISSN 2580-0922 (online), ISSN 2460-2612 (print) Volume 6, Nomor 02, Tahun 2020, 6, 214-224.

Sulianta, Andi. (2017). Teknik Perancangan Arsitekstur Sistem Informasi. Yogyakarta:

Smart, Aqila. (2010). Anak Cacat Bukan Kiamat: Metode Pembelajaran dan Terapi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Katahati

Tafqihan, Z. (2011). Karakteristik dan Pemilihan Media Pembelajaran dalam E-Learning. Jurnal Cendekia Volume 2 Nomor 9 tahun 2011, hal: 141-154, ISSN: 2477-796X.

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82-92.



DOI: https://doi.org/10.53514/ir.v5i1.177

Article Metrics

Abstract views: 564 times
PDF Downloaded: 200 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

 

 

 

 

 

 

____________________________

Organized by: Fakultas Teknologi Bisnis dan Sains (FTBS)
Published by: Universitas Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671
Email: lppmstmikdw@dharmawacana.ac.id

Jurnal I-Robot disupport juga oleh:


Web Analytics Made Easy - StatCounter
View IRobot Statcounter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.