PENERAPAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING BERBASIS VIRTUAL ASSISTANT PADA BAGIAN ADMINISTRASI AKADEMIK STMIK DHARMA WACANA

Ridwan Yusuf1* Tri Aristi Saputri2 Arief Adjie Wicaksono3
(1) STMIK Dharma Wacana
(2) STMIK Dharma Wacana
(3) STMIK Dharma Wacana
(*) Corresponding Author

Abstract

Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Dharma Wacana memiliki beberapa bagian seperti Bagian Administrasi Akademik yang memiliki tugas melaksanakan pelayanan dibidang akademik. Bagian Administrasi Akademik menjadi sumber informasi terkait kegiatan perkuliahan. Kebutuhan informasi perkuliahan belum efektif dikarenakan terbatasnya jam kerja dari pegawai dan masih banyak pertanyaan berulang yang berdatangan ke Bagian Administrasi Akademik, seperti pertanyaan yang telah ditanyakan oleh seorang mahasiswa kemudian ditanyakan lagi oleh mahasiswa lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan observasi dan wawancara terhadap mahasiswa dan pegawai Bagian Administrasi Akademik serta menganalisis kelemahannya sehingga dapat menjadi acuan untuk merancang aplikasi dengan penerapan Natural Language Processing (NLP). Pada penelitian telah dibangun Virtual Assistant berupa Chatbot yang tersedia pada platform messenger yaitu LINE, Facebook dan Telegram yang hanya bertindak layaknya bagian informasi perkuliahan. NLP dengan pendekatan pattern matching menggunakan regular expression diterapkan dalam proses mengenali pertanyaan mahasiswa sehingga Virtual Assistant dapat memberikan jawaban yang sesuai.

Keywords

Virtual Assistant; Chatbot; Natural Language Processing; Pattern Matching; Regular Expression

Full Text:

PDF

References

Al-Dabbagh, S., & Barnouti, N. (2017). A New Efficient Hybrid String Matching Algorithm to Solve the Exact String Matching Problem. British Journal of Mathematics & Computer Science, 20(2), 1–14.

Arjun, M., & Shibu, V. (2020). Malayalam Text AutoCorrection Using NLP. Strad Research, 7(8).

Benedictus, R. R., Wowor, H. F., & Sambul, A. (2017). Rancang Bangun Chatbot Helpdesk untuk Sistem Informasi Terpadu Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Teknik Informatika, 11(1).

Dewi, A. M. O., & Setiaji, B. (2014). Pemanfaatan Sentence-Similarity Measurement untuk Proses Pencarian Pola pada Chatbot Berbasis Pattern-Matching. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 2(1), 1.12-39.

Domarco, D., & Iswari, N. M. S. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Sebagai Media Pencarian Informasi Anime Menggunakan Regular Expression Pattern Matching. Jurnal ULTIMATICS, 9(1), 19–24.

Elcholiqi, A., & Musdholifah, A. (2020). Chatbot in Bahasa Indonesia using NLP to Provide Banking Information. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 14(1), 91.

Gibney, D., & Thankachan, S. V. (2021). Text Indexing for Regular Expression Matching. Algorithms, 14(5), 133.

Herwin, H. H. (2019). Super Agent Chatbot “3S” Sebagai Media Informasi Menggunakan Metoda Natural Language Processing(NLP). JURNAL TEKNOLOGI DAN OPEN SOURCE, 2(1), 53–64.

Jurafsky, D., & Martin, J. H. (2019). Speech and Language Processing (3rd ed.).

Kaur, G. (2014). USAGE OF REGULAR EXPRESSIONS IN NLP. International Journal of Research in Engineering and Technology, 03(01), 168–174.

Kurniati, K. (2019). Pengaruh Parsial dan Simultan Variabel Bebas terhadap Kepuasan Pelanggan Transportasi Online Kota Palembang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(5), 549.

Mashud, M., & Wisda, W. (2019). Aplikasi Chatbot Berbasis Website sebagai Virtual Personal Assistant dalam Pemasaran Properti. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(2), 99.

Naista, D. (2016). Bikin Framework PHP Sendiri dengan Teknik OOP & MVC. Yogyakarta, Indonesia: Lokomedia.

Pressman, R. S., & Maxim, B. R. (2015). Software Engineering: A Practitioner Approach (8th ed.). New York, United States: The McGraw-Hill Companies.

Sutojo, T., Mulyanto, E., & Suhartono, V. (2011). Kecerdasan Buatan. Yogyakarta, Indonesia: ANDI.

Toamain, A. S. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Sebagai Virtual Assistant Dalam Pelayanan Pengguna Data Di Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku. Jurnal Teknologi Informasi, 7(1), 24–31.



DOI: https://doi.org/10.53514/ir.v5i1.228

Article Metrics

Abstract views: 919 times
PDF Downloaded: 1025 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

 

 

 

 

 

 

____________________________

Organized by: STMIK Dharma Wacana
Published by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M)
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671
Email: lp3m.stmik@dharmawacana.ac.id

Jurnal I-Robot disupport juga oleh:


Web Analytics Made Easy - StatCounter
View IRobot Statcounter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.