PENERAPAN METODE CRM UNTUK OPTIMALISASI LAYANAN DAN MONITORING PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN DI PT GO RENTAL

Yulia Hapsari1* Wiranty Wiranty2 Desy Apriyanty3 Alem Pameli4
(1) Politeknik Negeri Sriwijaya
(2) Politeknik Negeri Sriwijaya
(3) Politeknik Negeri Sriwijaya
(4) Politeknik Negeri Sriwijaya
(*) Corresponding Author

Abstract

Pembayaran pajak merupakan kewajiban penting bagi pemilik kendaraan dan kepatuhan dalam pembayarannya sangat esensial. PT Go Rental menghadapi tantangan dalam memantau pembayaran pajak kendaraan secara tepat waktu yang berdampak pada operasional dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menerapkan pendekatan Customer Relationship Management (CRM) serta metode Rapid Application Development (RAD) untuk membangun sistem informasi monitoring pajak berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP. Sistem yang dikembangkan mencakup pengelolaan data kendaraan dan pelanggan, pengingat otomatis, dan dashboard interaktif untuk pemantauan real-time. Pendekatan CRM dan RAD memungkinkan pengembangan cepat dan iteratif dengan keterlibatan pengguna. Implementasi sistem ini terbukti meningkatkan efisiensi operasional, mempercepat pemberitahuan, serta memperkuat hubungan pelanggan melalui layanan yang proaktif dan terintegrasi.

Keywords

Customer Relationship Management; RAD; Sistem Informasi; Monitoring; Pajak Kendaraan

Full Text:

PDF

References

Aditia, S., Miharja, M. N. D., & Aguswin, A. (2023). Implementasi Sistem Kehadiran Praktikum Berbasis Qr_Code Dengan Whatsapp Gateway Menggunakan Metode Rapid Application Development (Rad). Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, Vol,9, No(e-ISSN 2502-8995 p-ISSN 2460-8181), 82–88.

Aditya, R., Pranatawijaya, V. H., & Putra, P. B. A. A. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype. Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 47–57.

Ardiansyah, M. R., & Sriwidiya, N. (2022). Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Metode Waterfall pada PT. Tirta Osmosis Sampurna Palembang. Teknomatika, 12(01), 1–5.

Doni Indra Pramana, Arif Setiawan, Y. I. (2025). Pengaruh Implementasi CRM Berbasis Csat Terhadap Efektivitas Penjualan Di Kopi Muria Zayna. 5(1).

M.Arfa Andika Candra, I. A. W. (2021). SISTEM INFORMASI BERPRESTASI BERBASIS WEB PADA SMP NEGERI 7 KOTA METRO. Jurnal Mahasiswa

Meileni, H., Devani, F. T., Hapsari, Y., Thomas, A., Ayu, R., & Firdaus, R. (2025, May). Complementation of Customer Relationship Management (CRM) Method in Website Bases E-Marketing Applications. In 8th FIRST 2024 International Conference on Global Innovations (FIRST-ESCSI 2024) (pp. 556-565). Atlantis Press.

Niqey, M., & Qolbin, D. (2024). Penerapan Metode Crm ( Customer Relationshipmanagement ) Pada Divisi Pelayanan Teknis Barat Di Pdam Surya Sembada Kota Surabaya. 3(1), 126–135.

Santi, R. A., Setiawan, A., & Fithri, D. L. (2025). Sistem Informasi Perawatan Luka

Diabetes Dan Monitoring Kepuasan Pasien Dengan Pendekatan CRM Berbasis Web Dan Notifikasi Whatsapp. 5(1).

Sari, L., & Sari siregar, G. yanti kemala. (2021). Perancangan Aplikasi Pendataan Data Kepegawaian Negeri Sipil Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Metro. Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer, 1(2), 115–135. https://doi.org/10.24127/.v2i1.1235

Surdin, I., & Lahia, R. (2021). Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada CV. Fortune. Jurnal Ilmiah Sistem Manajemen Informatika Dan Komputerisasi Akuntansi, 4(2), 17–24. https://doi.org/10.55501/jisimka.v4i2.65

Sutanto, Y. P., Farida, N., & Trioko, S. (2025). Integrasi Digital Marketing Dan CRM Untuk Meningkatkan Retensi Pelanggan Dalam Industri Pendidikan Daring. 5(1), 46–53. https://doi.org/10.59395/altifani.v5i1.654

Suwandi, E. A., Mutohar, P. M., & Suijianto, A. E. (2023). Implementasi Customer Relationship Management (CRM) dalam Meningkatkan Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen, Pendirikan, Dan Pemikiran Islam, 1(1), 13–26. https://journal.as-salafiyah.id/index.php/jmpi

Syabania, R., & Rosmawani, N. (2021). Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management ( Crm ) Pada Penjualan Barang Pre-Order Berbasis Website. Rekayasa Informasi, 10(1), 44–49.

Tampubolon, A. P. H., Rajagukguk, E., & Gea, A. (2022). Penerapan Customer Relationship Management ( Crm ) Pada Toko Urban Traffic Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 2(1), 18–27.

Widiyanto, D. (2022). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Inventori Berbasis Web (Studi Kasus: Smk Ypt Purworejo). Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, 10(1), 24–31.



DOI: https://doi.org/10.53514/ir.v9i2.678

Article Metrics

Abstract views: 29 times
PDF Downloaded: 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

 

 

 

 

 

 

____________________________

Organized by: Fakultas Teknologi Bisnis dan Sains (FTBS)
Published by: Universitas Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671
Email: lppmstmikdw@dharmawacana.ac.id

Jurnal I-Robot disupport juga oleh:


Web Analytics Made Easy - StatCounter
View IRobot Statcounter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.