Program Green Zone Untuk Melatih Siswa Sekolah Dasar Peduli Lingkungan

Denna Delawanti Chisyarani1* Arnelia Dwi Yasa2
(1) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
(2) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
(*) Corresponding Author

Abstract

Sadar akan pentingnya penerapan lingkungan hijau dalam upaya menumbuhkan kepedulian siswa, dilakukanlah program green zone. Diharapkan dari kegiatan pengabdian ini dapat melatih siswa peduli terhadap lingkungan. Metode pelaksanaan program yang terkait dengan solusi yang ditawarkan yakni ceramah tentang jenis tanaman dan manfaatnya, demontrasi, praktik. Pendampingan dilakukan di setiap kegiatan. Peserta diajak berpatisipasi secara aktif dalam mengenal tanaman, membuat pot, menanam, berdiskusi tentang pengalaman menanam dan menjaga Kehadiran dan tingkat partisipasi peserta melalui presensi kehadiran adalah 100%. Kegiatan prakterk penanam dan pembuatan pot dari baahn plastik bekas bisa terlaksana dengan baik. Peserta mampu memahami manfaat tanaman di lingkungan sekolah, perbedaan sampah organik dan anorganik dan mampu mempraktekannya. Presesntase pre tes sebesar 79,8% dan untuk post test sebesar 91,47%. Ditinjau dari presentase pre tes dan post tes terdapat peningkatan pemahaman mengenai pemahan lingkungan, tumbuhan (terkait program green zone). Berdasarkan nilai gain skor terdapat perbedaan penguasaan terkait materi green zone

Keywords

Green Zone, Peduli, Lingkungan

Full Text:

PDF

References

Cerda, A. M., McCourt, E. A., Thevarajah, T., Wymore, E., Lynch, A. M., & Wagner, B. D. (2019). Comparison between weight gain and Fenton preterm growth z scores in assessing the risk of retinopathy of prematurity. Journal of AAPOS, 23(5), 281–283. https://doi.org/10.1016/j.jaapos.2019.06.007

Darmawan, D., & Fadjarajani, S. (2016). Hubungan antara pengetahuan dan sikap pelestarian lingkungan dengan perilaku wisatawan dalam menjaga kebersihan lingkungan. Jurnal Geografi, 4(24), 37–49.

Gordon, D. E., & Aia, H. (2010). Green Schools as High Performance Learning Facilities. National Clearinghouse for Educational Facilities, (September 2010), 1–16.

Hake, R. R. (2019). ANALYZING CHANGE/GAIN SCORES. Edukimia, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i1.a10

Hasyim, M. A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 12. https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2737

Kane, S. N., Mishra, A., & Dutta, A. K. (2016). Preface: International Conference on Recent Trends in Physics (ICRTP 2016). Journal of Physics: Conference Series, 755(1), 3–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001

Kensler, L. A. W. (2012). Ecology, Democracy, and Green Schools: An Integrated Framework. Journal of School Leadership, 22(4), 789–814. https://doi.org/10.1177/105268461202200406

Kerret, D., Orkibi, H., & Ronen, T. (2014). Green perspective for a hopeful future: Explaining green schools’ contribution to environmental subjective well-being. Review of General Psychology, 18(2), 82–88. https://doi.org/10.1037/gpr0000006

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Wu, Z. (2002). Green schools in China. Journal of Environmental Education, 34(1), 21–25. https://doi.org/10.1080/00958960209603478



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v2i2.226

Article Metrics

Abstract views: 357 times
PDF Downloaded: 198 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.