Pelatihan Penggunaan Google Classroom Untuk Proses Pembelajaran E – Learning di Perguruan Islam Miftahul Husna

Andrian Syahputra1* Rizki Maulidia2
(1) Universitas Potensi Utama
(2) Universitas Potensi Utama
(*) Corresponding Author

Abstract

Kebutuhan pendidikan di masa pandemi ini memerlukan inovasi pembelajaran yang mampu menunjang terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Dimasa pandemi saat ini mengharuskan social distancing yang mengharuskan tidak terjadinya tatap muka pada proses pembelajaran, Salah satu contoh aplikasi pendukung pembelajaran jarak jauh adalah google classroom Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan penggunaan Google Classsroom untuk meningkatkan keterampilan guru – guru di Perguruan Islam Miftahul Husna untuk proses pembelajaran E – Learning. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini, antara lain memberikan pelatihan pengetahuan mendasar mengenai penggunaan google classroom, memberikan gambaran pengalaman bagaimana penggunaan google classroom secara sistematis dalam proses pembelajaran E – Learning, serta menghasilkan modul google classroom. Kegiatan ini menghasilkan modul google classroom yang digunakan oleh para guru dalam pelatihan. Selain itu, kegiatan ini berkontribusi meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran E - Learning. Kesimpulannya adalah dengan menggunakan google classroom diharapkan dapat membuat proses pembelajaran E - Learning menjadi menyenangkan, sehingga berdampak positif terhadap hasil belajar siswa, serta meningkatkan keterampilan guru.

Keywords

Google Classroom, E – Learning

Full Text:

PDF

References

Nurmalasari, N., & Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategik Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Journal Of Management Review, 4(3), 543-548.

Hastuti, P., Harefa, D. N., & Napitupulu, J. I. M. (2020). TINJAUAN KEBIJAKAN PEMBERLAKUAN LOCKDOWN, PHK, PSBB SEBAGAI ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19 TERHADAP STABILITAS SISTEM MONETER. Prosiding WEBINAR Fakultas Ekonomi Unimed “Strategi Dunia Usaha Menyikapi Status Indonesia Sebagai Negara Maju: Pra dan Pasca Covid-19”, 57-70.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198.

Anhusadar, L. (2020). Persepsi mahasiswa PIAUD terhadap kuliah online di masa pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44-58.

Rahmi, E. (2020). OPTIMALISASI KETERAMPILAN GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MELALUI PELATIHAN ASESMEN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS. Journal of Community Service, 2(2), 156-163.

Akmal, L. F. (2019). PELATIHAN GOOGLE CLASSROOM DAN E-LEARNING BAGIAN PEMBUATAN AKUN DAN KELAS PADA GOOGLE CLASSROOM.



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v2i1.229

Article Metrics

Abstract views: 163 times
PDF Downloaded: 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.