Optimalisasi Kemampuan Literasi Informasi Guru Relawan Melalui Pelatihan 21st Century Skills Guna Mewujudkan Sumber Daya Manusia Unggul di Desa Teluk Kiluan Negeri Kecamatan Kilumbayan Kabupaten Tanggamus

Andi Windah(1), Purwanto Putra(2*), Renti Oktaria(3), Rizky Prabowo(4),

(1) Universitas Lampung
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(4) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract

Pengabdian ini memuat tentang Optimalisasi Kemampuan Literasi Informasi Guru Relawan Melalui Pelatihan 21st Century Skills Guna Mewujudkan Sumber Daya Manusia Unggul bagi para guru sekolah satu atap di Desa Teluk Kiluan Negeri Kecamatan Kilumbayan Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung dalam rangka pembelajaran di Tengah Covid19. Guru di sekolah maupun di masyarakat selalu memiliki peran penting sebagai garda terdepan untuk mentransformasikan pengetahuan dan teknologi kepada peserta didik, orang tua dan masyarakat di sekitarnya. Untuk menjawab tantangan revolusi industri 4.0 dan pembelajaran abad 21 guna mewujudkan sumber daya manusia unggul (guru) dalam mentransformasikan pengetahuan bagi generasi emas (anak usia dini, kanak-kanak dan remaja), maka pengabdian ini memiliki keutamaan dalam upaya mengoptimalisasi kemampuan literasi informasi guru relawan melalui pelatihan 21st Century Skills di Pekon Teluk Kiluan Negeri Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus. Tujuan pengabdian ini diharapkan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep keterampilan pembelajaran abad 21 yang harus dimiliki guru, konsep keterampilan literasi informasi, dan mengoptimalisasi kompetensi profesional guru PAUD dan SD pada konteks pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi dalam memanfaatkan sarana prasarana TIK yang dapat menunjang proses pembelajaran. Tahapan pengabdian terdiri atas tiga program, yakni (1) Focus Group Discussion (FGD); (2) Training of Trainer (TOT); dan (3) Mentoring untuk menghasilkan relawan guru yang profesional. Lokasi pengabdian di Pekon Teluk Kiluan Negeri Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus. Khalayak sasaran adalah guru pada jenjang PAUD dan SD, baik negeri maupun swasta.

Keywords

Literasi Informasi Literasi Digital; Kecakapan Literasi Keterampilan Abad 21; Guru.

Full Text:

PDF

References

Aizikovitsh-Udi, E., & Cheng, D. (2015). Developing Critical Thinking Skills from Dispositions to Abilities: Mathematics Education from Early Childhood to High School. Creative Education, 06(04), 455–462. https://doi.org/10.4236/ce.2015.64045

Fitri Amilia. (2019). Kompetensi Literasi Infomasi Guru Paud Di Era 4.0: Antara Tuntutan Dan Realitas. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 5(2). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v5i2.2936

Lloyd, J. K. F., Budge, R. C., Stafford, K. J., & La Grow, S. J. (2009). A Focus Group Discussion on Using Guide Dogs. International Journal of Orientation & Mobility, 2(1), 52–64. https://doi.org/10.21307/ijom-2009-005

Mukhlisoh, S. (2020, April 8). Pandemik Covid-19 Dalam Perspektif PAUD [Https://geotimes.co.id]. https://geotimes.co.id/opini/pandemik-covid-19-dalamperspektif-paud/

Ojaleye, O., & Awofala, A. O. A. (2018). Blended Learning and Problem-Based Learning Instructional Strategies as Determinants of Senior Secondary School Students’ Achievement in Algebra. International Journal of Research in Education and Science, 486–501. https://doi.org/10.21890/ijres.428286

Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 41. https://doi.org/10.24036/108806

Omer, S. B., Malani, P., & del Rio, C. (2020). The COVID-19 Pandemic in the US: A Clinical Update. JAMA. https://doi.org/10.1001/jama.2020.5788

Saepudin, E., Sukaesih, S., & Rusmana, A. (2017). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) bagi Anak-Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 5(1), 1–12.

Supartini, Endang. (2003). Peran Guru dalam Pembaharuan Pendidikan. Dinamika Pendidikan, 10(1).

UNESCO. (2003). The Prague Declaration "Towards An Information Literate Society". Praha, Republic Ceko: US National Commission on Library and Information Science and the National Forum on Information Literacy.

Walker, T. (2020, April 15). Social-Emotional Learning Should Be Priority During COVID-19 Crisis [Http://neatoday.org/]. http://neatoday.org /2020/04/15 /social-emotional-learning-during-covid/

Windah, A., Putra, P., Oktaria, R., & Yulistia, A. (2020). Kebutuhan Literasi Informasi dan Digital bagi Masyarakat di Pekon Podosari Kecamatan Pringsewu Provinsi Lampung. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 6(2), 159–168. https://doi.org/10.14710/lenpust.v6i2.32973

Yusup, M Pawit; Saepudin, E. (2017). Praktik Literasi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Sepanjang Hayat. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 5(1), 79–94.

Zhang, R., Li, Y., Zhang, A. L., Wang, Y., & Molina, M. J. (2020). Identifying airborne transmission as the dominant route for the spread of COVID-19. Proceedings of the National Academy of Sciences, 117(26), 14857–14863. https://doi.org/10.1073/pnas.2009637117



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v2i4.242

Article Metrics

Abstract views: 138 times
PDF Downloaded: 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.