Peningkatkan Kemampuan Literasi Siswa di SDN 01 Arjowilangun
(1) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
(2) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
(3) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
(4) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
(5) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) adalah salah satu bentuk pembelajaran dengan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa di tengah kehidupan masyarakat dengan turut serta membantu memecahkan masalah berdasarkan kompetensi keilmuan. kurangnya sarana pendukung untuk memfasilitasi siswa dalam mengembangkan kemampuan literasi siswa pada SDN 01 Arjowilangun berdampak pada kurangnya pengembangan literasi, dan edukasi terhadap peserta didik. Upaya peningkatan kemampuan literasi dilakukan dengan pengadaan ruang perpustakaan untuk membuat siswa lebih antusias dalam mengembangkan kemampuan literasinya. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah metode observasi, pembagian kuisioner, dan pendekatan secara langsung melalui kontribusi nyata. Hal ini di buktikan dengan hasil analisa kuisioner, bahwa antusiasme siswa pada program Literasi Edukasi yang terlihat dari 16 responden, hampir seluruhnya puas dengan peningkatan kemampuan literasi siswa melalui literasi edukasi. Upaya peningkatan kemampuan literasi dalam program ini dikatakan berhasil setelah melihat respon dari berbagai pihak mengenai keterlaksanaan program, dan peningkatan keefektifan literasi edukasi
Abstract
Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) adalah salah satu bentuk pembelajaran dengan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa di tengah kehidupan masyarakat dengan turut serta membantu memecahkan masalah berdasarkan kompetensi keilmuan. kurangnya sarana pendukung untuk memfasilitasi siswa dalam mengembangkan kemampuan literasi siswa pada SDN 01 Arjowilangun berdampak pada kurangnya pengembangan literasi, dan edukasi terhadap peserta didik. Upaya peningkatan kemampuan literasi dilakukan dengan pengadaan ruang perpustakaan untuk membuat siswa lebih antusias dalam mengembangkan kemampuan literasinya. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah metode observasi, pembagian kuisioner, dan pendekatan secara langsung melalui kontribusi nyata. Hal ini di buktikan dengan hasil analisa kuisioner, bahwa antusiasme siswa pada program Literasi Edukasi yang terlihat dari 16 responden, hampir seluruhnya puas dengan peningkatan kemampuan literasi siswa melalui literasi edukasi. Upaya peningkatan kemampuan literasi dalam program ini dikatakan berhasil setelah melihat respon dari berbagai pihak mengenai keterlaksanaan program, dan peningkatan keefektifan literasi edukasi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205.
Dewi, B. S. (2021). The Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) Collaboration with, 1(3), 411–418.
Fuada, S. (2021). Pelatihan Zotero Guna Menunjang Luaran KKN Tematik Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Melalui Whatsapp Group. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 451–466. https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i1.1064
Fuada, S., & Marhamah, M. (2021). Read Aloud Video Sebagai Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Aisyiyah Sidoharjo - Wonogiri. International Journal of Community Service Learning, 5(2), 151–161. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.33577.
Heydemans, N. A., Lombogia, R., Siwu, I. C., & Kenang, R. C. P. (2021).
Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang “ Pembatasan Sosial Berska, 2(1), 31–40.
Jamaris, D. (2016). Kompetensi Pendamping Pembangunan Desa. Prosiding Seminar Nasional Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang “Kompetensi Pendamping Pembangunan Desa".
Mariati, M. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 749–761. Retrieved from https://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/sintesa/article/view/405.
Muniarty, P., Sakinah, N. P., Hermanto, B., & Annisa, R. (2021). PARTISIPASI MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA TEMATIK WIRA DESA ( KKNT-WD ) DALAM KEGIATAN, 3(2), 185–193.
Nasution, E., & Nugrahanti, F. (2020). Implementasi Website Pemasaran Produk KKN Tematik Universitas PGRI Madiun. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 225–232. Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/1542/1375
Syardiansah, S. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915.
Udrekh. (2020). Pembelajaran Baik. Forum Perguruan Tinggi untuk Pengurangan Resiko Bencana (FPT PBR).
Wijayanti, S. H. (2020). Membangun siswa literat melalui edukasi dan proyek literasi. Riau Journal of Empowerment, 3(3), 127–137. https://doi.org/10.31258/raje.3.3.127-137
DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v2i4.257
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________
Jurnal Pengabdian Dharma Wacana
Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.