Penyuluhan dan Pelatihan Diversifikasi Olahan Ubi Ungu di Kelompok Pengajian Nurul Huda Kelurahan Kotabaru Kecamatan Tanjung Karang Timur Bandar Lampung

Novita Herdiana1* Maria Erna2 Ribut Sugiharto3 Deary Amethy4
(1) Universitas Lampung
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(4) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract

Ubi jalar ungu (Ipomoea batatas var Ayumurasaki) atau biasa disebut Ipomoea batatas L. merupakan salah satu jenis ubi jalar yang banyak tumbuh di Negara Indonesia. Ubi ungu ini memiliki kulit dan daging umbi yang berwarna ungu kehitaman (ungu pekat).Selain ubi ungu, ubi juga memiliki beberapa jenis yaitu ubi putih, merah, dan kuning. Ubi jalar ungu menjadi sumber vitamin C dan betakaroten (provitamin A) yang sangat baik. Kandungan betakaroten ubi jalar ungu lebih tinggi dibandingkan ubi jalar kuning. Selain vitamin C, betakaroten, dan vitamin A, komponen yang terpenting adalah kandungan antosianin (Nurdjanah dan Yuliana, 2016). Salah satu diversifikasi dari olahan ubi ungu adalah donat. Donat (Donut) adalah sejenis cake mini ataupun kue kering dengan bentuk yang khas, yaitu berlubang di tengah seperti cincin dan berbentuk bulat jika diisi sesuatu.Donat dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu bread doughnut dan cake doughnut. Cake doughnut adalah jenis donat yang dibuat dengan tepung kue dan mengembang dengan bantuan baking powder sementara bread doughnut adalah donat yang dibuat dengan tepung khusus roti dan difermentasi dengan bantuan ragi (Pratiwi, 2020). Kelompok Pengajian Nurul Huda Kelurahan Kotabaru Kecamatan Tanjung Karang Timur Bandar Lampung terdiri dari kaum ibu –ibu yang kebanyakan berprofesi sebagai ibu rumah tangga.Secara umum perekonomian Kelompok Pengajian Nurul Huda Kelurahan Kotabaru Kecamatan Tanjung Karang Timur Bandar Lampung termasuk ekonomi sedang. Dimana rata – rata latar belakang pendidikan kelompok pengajian ini umumnya hanya tamatan SMP dan SMA namun ada juga yang Sarjana. Tujuan dari kegiatan ini adalah Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kelompok Pengajian Nurul Huda Kelurahan Kotabaru mengenai keamanan pangan, pembuatan donat ubi ungu, sanitasi dan higiene analisis usaha pembuatan diversifikasi produk olahan ubi ungu yaitu donat ubi ungu. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi : Universitas lampung, yaitu sebagai sarana untuk menyebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya memberikan sumbangan bagi pelaksanaan pembangunan sedangkan untuk kelompok Pengajian Nurul Huda Kelurahan Kotabaru, yaitu sebagai sarana untuk meningkatkan pengetahuan dalam membuat diversifikasi produk olahan ubi ungu (donat ubi ungu)

Keywords

ubi ungu; donat ubi ungu: Pengajian Nurul Huda Kelurahan Kotabaru

Full Text:

PDF PDF

References

Hasri, H., Dina, U. & Nur, M. (2017). Substitusi Tapioka dengan Tepung Ubi Jalar Ungu (Ipomea batatas blackie) Pada Produk Nugget Udang. Jurnal Agrokompleks, 17(2), 37- 42.

Nurdjanah, S. & Yuliana, N. (2016). Teknologi Produksi dan Karakteristik Tepung Ubi Jalar Ungu Termodifikasi. Bandar Lampung: Aura CV. Anugrah Utama Raharja.

Pratiwi, A.R. (2020). Pengolahan Ubi Jalar Menjadi Aneka olahan makanan. Jurnal Triton, 11(2), 44-45

Ramadhani, T.D., Ansharullah & Kobajashi, T. I. (2018). Pengaruh substitusi tepung ubi jalar ungu (Ipomoea batatas.) terhadap penilaian organoleptik, nilai gizi dan aktivitas anitoksidan nugget ikan tuna (Thunnus sp). Jurnal Sains dan Teknologi, 3(4), 2527- 6271.

Rijal, M., Natsir, A.N & Sere, I. (2019). Analisis Kandungan Zat Gizi Pada Tepung Ubi Jalar Ungu (Ipomea Batatas Var Ayumurasaki) dengan Pengeringan Sinar Matahari dan Oven. Jurnal Biotek, 7 (1), 48- 57.

Widowati, S. (2010). Diversifikasi Konsumsi Pangan Berbasis ubi jalar. Jurnal Pangan, 20(1), 49-61



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i1.264

Article Metrics

Abstract views: 181 times
PDF Downloaded: 87 times PDF Downloaded: 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.