Membangun Internet Desa dan Sosialisasi Penggunaan Media Sosial dalam Mendukung Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa
(1) Universitas Nusa Mandiri
(2) Universitas Nusa Mandiri
(3) Universitas Nusa Mandiri
(*) Corresponding Author
Abstract
Desa Balekambang Kecamatan Jonggol kabupaten Bogor provinsi Jawa Barat, merupakan desa yang memiliki cukup banyak pelaku usaha dengan komidi hasil pertanian dari kalangan warga dan pemuda tetapi hasil pendapatan mereka belum bisa meningkat dari waktu ke waktu. Keinginan untuk penggunaan teknologi informasi sangat tinggi , namun terjadi adanya kesulitan dalam akses jaringan internet diwilayah desa tersebut. sehingga berpengaruh dalam usaha bisnis yang dijalani dengan mengunakan sarana internet baik sebagai sarana untuk menjual maupun promosi produk. Serta belum mampu memanfaatkan sarana komunikasi atau smartphone yang dimiliki untuk meningkatkan usaha tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini membantu memberikan solusi dalam bentuk membangun penguat akses Internet dengan memberikan hotspot desa dengan router modem hotspot, memberikan sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan media internet dengan media sosial seperti instagram, facebook, wa group, dan sejenisnya untuk digunakan sebagai sarana promosi, dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan pelaku bisnis dan pemuda dengan pemanfaatan jaringan internet yang kuat sehingga kepemilikan smartphone dapat dimanfaatkan sebagai alat promosi untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakt desa Balekambang kecamatan Jonggol, Bogor Jawa Barat.Pelaksanaan kegiatan ini memberikan dampak positif bagi peserta khusunya dan masyarakat umumnya, hal ini dilihat dari respon saat evaluasi dan monitoring peserta memberikan respon puas sebesar 40 % dan sangat puas 60%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21
Alianto, A., & Anindita, R. (2008). Pengaruh Kompensasi Dan Work Life Balance Terhadap Kepuasan Kerja Dimediasi Stres Kerja.
Dharmayanti, L. &. (2018). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intellectual Capital Dan Perceived Quality Sebagai Variabel InterveniDharmayanti, L. &. (2018). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intellectual Capita. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 10–24. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.10
Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 23(2), 117–120.
Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Listyorini, T., & Iqbal, M. (2015). Perancangan Pengembangan Digital Library Berbasis Web Responsive. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 6(1), 69. https://doi.org/10.24176/simet.v6i1.238
Nugraha, A. E. P., & Murniawaty, I. (2018). Sharia Digital Business : Strategi Dan Pengembangan Bisnis Berkelanjutan. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 6(2), 241. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v6i2.3623
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Technologies, M. (2014). Online Journal of Communication and Media Technologies Volume: 4 – Issue: 1 – January - 2014, 185–215.
DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i1.266
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________
Jurnal Pengabdian Dharma Wacana
Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.