Membangun Internet Desa dan Sosialisasi Penggunaan Media Sosial dalam Mendukung Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa

Suhardoyo Suhardoyo1* Cepi Cahyadi2 Vito Triantori3
(1) Universitas Nusa Mandiri
(2) Universitas Nusa Mandiri
(3) Universitas Nusa Mandiri
(*) Corresponding Author

Abstract

Desa Balekambang Kecamatan Jonggol kabupaten Bogor provinsi Jawa Barat, merupakan desa yang memiliki cukup banyak pelaku usaha dengan komidi hasil pertanian dari kalangan warga dan pemuda tetapi hasil pendapatan mereka  belum bisa meningkat dari waktu ke waktu. Keinginan untuk penggunaan teknologi informasi sangat tinggi , namun terjadi adanya  kesulitan dalam akses jaringan internet diwilayah desa tersebut. sehingga berpengaruh dalam  usaha bisnis yang dijalani dengan mengunakan sarana internet baik sebagai sarana untuk menjual maupun  promosi produk. Serta belum mampu memanfaatkan sarana komunikasi atau smartphone  yang dimiliki untuk meningkatkan usaha tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini membantu memberikan solusi dalam bentuk membangun penguat akses Internet dengan memberikan hotspot desa dengan router modem hotspot, memberikan sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan media  internet dengan media sosial  seperti instagram, facebook, wa group, dan sejenisnya untuk digunakan sebagai sarana promosi, dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan pelaku bisnis dan pemuda dengan pemanfaatan jaringan internet yang kuat sehingga kepemilikan smartphone dapat dimanfaatkan sebagai alat promosi untuk  meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakt  desa Balekambang kecamatan Jonggol, Bogor Jawa Barat.Pelaksanaan kegiatan ini memberikan dampak positif bagi peserta khusunya dan masyarakat umumnya, hal ini dilihat dari respon saat evaluasi dan monitoring peserta memberikan respon puas sebesar 40 % dan sangat puas 60%.

Keywords

Internet Desa, Media Sosial, Desa Balekambang

Full Text:

PDF

References

Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21

Alianto, A., & Anindita, R. (2008). Pengaruh Kompensasi Dan Work Life Balance Terhadap Kepuasan Kerja Dimediasi Stres Kerja.

Dharmayanti, L. &. (2018). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intellectual Capital Dan Perceived Quality Sebagai Variabel InterveniDharmayanti, L. &. (2018). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intellectual Capita. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 10–24. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.10

Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 23(2), 117–120.

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Listyorini, T., & Iqbal, M. (2015). Perancangan Pengembangan Digital Library Berbasis Web Responsive. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 6(1), 69. https://doi.org/10.24176/simet.v6i1.238

Nugraha, A. E. P., & Murniawaty, I. (2018). Sharia Digital Business : Strategi Dan Pengembangan Bisnis Berkelanjutan. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 6(2), 241. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v6i2.3623

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Technologies, M. (2014). Online Journal of Communication and Media Technologies Volume: 4 – Issue: 1 – January - 2014, 185–215.



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i1.266

Article Metrics

Abstract views: 333 times
PDF Downloaded: 252 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.