Penggunaan Aplikasi Liveworksheet sebagai Media Evaluasi Pembelajaran bagi Guru Sekolah Dasar

Primanita Sholihah Rosmana1 Acep Ruswan2 Nenden Sukmayati3 Ghaida Nur Hanifah4 Mila Jamilah Nur Qomariah5 Millania Nurlaela6* Niken Ayundah Putri7 Peni Rosa8 Rury Amaliatik9
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
(5) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
(6) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
(7) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
(8) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
(9) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract

Keberhasilan siswa dalam suatu proses rangkaian pembelajaran dapat diketahui dengan dilakukannya evaluasi pembelajaran bagi siswa dan juga sebagai bentuk pertanggungjawaban guru dalam pelaksanaan suatu pembelajaran. Kegiatan evaluasi pembelajaran seperti membuat lembar kerja siswa sangat dibutuhkan dimasa pesatnya teknologi saat ini. Demikian pula dengan pembelajaran yang yang saat ini dilaksanakan secara daring akibat wabah pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaan evaluasi pembelajaran pun dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini, salah satunya adalah aplikasi Liveworksheet. Penggunaan aplikasi Liveworksheet ini merupakan salah satu media evaluasi pembelajaran berbasis teknologi yang dapat diakses melalui laman internet. Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 1 Tegalmunjul tidak semua guru dapat menguasai aplikasi penunjang evaluasi pembelajaran ini. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan pelatihan penggunaan aplikasi Liveworksheet sebagai media evaluasi pembelajaran bagi guru sekolah dasar. Subjek kegiatan ini adalah guru-guru di SDN 1 Tegalmunjul. Metode kegiatan ini adalah pengarahan, penjelasan, pelatihan dan pembimbingan. Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru mengenai cara membuat evaluasi pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif menggunakan aplikasi Liveworksheet ini. Kesimpulan dari kegiatan pelatihan ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi Liveworksheet berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan keterampilan guru SDN 1 Tegalmunjul untuk dijadikan referensi dalam membuat bahan evaluasi pembelajaran yang baru dan menyenangkan bagi siswa.

Full Text:

PDF

References

Ariyanti, I., & Yunus, M. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Guru SMP dalam Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Liveworksheet. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1397-1407.

Fuada S., Fitria N., (2021). Pelatihan Pembuatan Modul Interaktif Menggunakan Aplikasi Liveworksheet bagi Guru di SDN Wiwitan Bandung. Community Empowerment, 6 (11), 2011-2012

Novikova, Y. (2020). Using Liveworksheet To Diversify Language Lessons. Bulletin of Kharkov National Automobile and Highway University, 0(91), 221–225. https://doi.org/10.30977/BUL.2219-5548.2020.91.0.221

Ratu Ayu, D., Pramudibyanto, H., Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 1(10), 41-48.

Setyosari, P. (2007). Pembelajaran Sistem Online: Tantangan dan Rangsangan. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran, Oktober (2), 7-8.



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i2.285

Article Metrics

Abstract views: 355 times
PDF Downloaded: 600 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.