Peningkatan Kesehatan Melalui Pengecekan Kesehatan Gratis Bagi Warga Desa Banyumekar Kabupaten Pandeglang

Woelandari Fathonah1* Rama Indera Kusuma2 Enden Mina3 Restu Wigati4 Hendrian Budi Bagus Kuncoro5 Rifky Ujianto6
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(4) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(5) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(6) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu program kerja kelompok 97 KKM Tematik universitas sultan ageng tirtayasa. Faktor kesehatan sangat penting dalam menentukan kualitas sumber daya manusia. Pengecekan kesehatan grtais meliputi pengecekan gula darah dan tekanan darah darah bagi warga desa banyumekar kabupaten pandeglang provinsi banten. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah melakukan disuksi dengan kepala desa setempat terkait program kegiatan,menetapkan waktu dan tempat pelaksanaan, mengundang bidan desa dan mengajak warga desa melalui ketua RT/RW setempat untuk mengikuti pengecekan kesehatan gratis. Hasil dari kegiatan ini adalah kegiatan yang dihadiri oleh 20 orang peserta didapatkan umur di atas 35 tahun memiliki tekanan darah tinggi dan mayoritas warga dengan gula darah tinggi adalah warga desa yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit diabetes melitus. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah warga desa cukup antusias adanya pengecekan kesehatan gratis., disamping itu bidan desa memberikan rekomendasi pengecekan kesehatan secara berkala di tempat pelayanan kesehatan terdekat untuk warga desa yang memiliki kadar gula dan tekanan darah yang tinggi. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, kedepannya warga desa lebih menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat.

Keywords

desa banyu mekar, kesehatan, pengecekan gratis.

Full Text:

PDF

References

Haryanto, J. T. (2015). Penduduk Lansia dan Bonus Demografi Kedua. Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

https://www.kemkes.go.id/article/view/19051700002/hipertensi-penyakit-paling-banyak-diidap-masyarakat.html

Irnawati, I., & Sulistyanto, B. A. (2021). Paket Pengobatan Gratis dan Pendidikan Kesehatan tentang Manajemen Rawat Diri dan Penggunaan Obat untuk Masyarakat Awam secara Baik dan Rasional di Desa Pedawang Kabupaten Pekalongan. Proceeding of The URECOL, 113-118.

Krisnatuti, I. D., Rasjmida, D., & Yenrina, I. R. (2014). Diet sehat untuk penderita Diabetes Mellitus. PENEBAR SWADAYA GROUP.

Lutfan, L. S. C. H. K. (2013). Dampak kebijakan pelayanan kesehatan gratis terhadap kepuasan pasien dalam menerima pelayanan kesehatan Puskesmas di Kota Ambon. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia: JKKI, 2(2).

Massie, R. G. A. (2019). Akses Pelayanan Kesehatan yang Tersedia pada Penduduk Lanjut Usia Wilayah Perkotaan di Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 46-56

Mulyadi, 2015. Akuntansi Biaya. Edisi kelima. Jakarta : unit penerbit dan percetakan.

Purwono, J., Ludiana, L., Dewi, T. K., & Fitri, N. L. (2021). Edukasi Pencegahan Covid-19 Pada Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Metro Kota Metro. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 2(2), 84-89.

Rohmah, L., & Krisdiyanto, D. (2016). Pengadaan Cek Kesehatan Gratis (Lansia) Untuk Menciptakan Masyarakat Yang Sadar & Peduli Terhadap Kesehatan di Jali, Gayamharjo, Prambanan, Sleman. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 16(1), 57-62.

Sukmana, D. J., Hardani, H., & Irawansyah, I. (2020). Pemeriksaan Kesehatan Gratis sebagai Upaya Peningkatan Kesadaran Masyarakat terhadap Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular. Indonesian Journal of Community Services, 2(1), 19-26.

Sulistyowati, E. T., & Isnugroho, H. (2020). Peningkatan Kesehatan Dengan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bagi Warga Dusun Panggungan Rw 33 Trihanggo, Gamping, Sleman Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada (JPMKH), 2(2), 105-109.

Susanto, Y., Alexxander, A., Rahim, A., & Irawan, A. (2021). Peningkatan Akses Layanan Kesehatan Masyarakat Desa Tatah Layap Melalui Pelayanan Kesehatan Gratis. Jurnal Bakti Untuk Negeri, 1(2), 116-125.



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i2.294

Article Metrics

Abstract views: 164 times
PDF Downloaded: 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.