Pelatihan Artificial Intelligence untuk Tenaga Pendidik dan Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah (Online Thematic Academy Kominfo RI)

Edy Subowo1* Naufal Dhiyaulhaq2 Ika Wahyu3
(1) Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
(2) Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
(3) Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
(*) Corresponding Author

Abstract

Kementerian Kominfo melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang memiliki fokus tujuan dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang TIK memiliki beberapa program, selain mengimplementasikan upaya pemerataan literasi juga pada upaya peningkatan kompetensi bidang TIK di seluruh wilayah dan kalangan masyarakat. Pelatihan Thematic Academy (TA) merupakan program pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, serta daya saing SDM bidang teknologi informasi dan komunikasi sebagai bagian dari program pembangunan prioritas nasional. Pengenalan AI bagi tenaga pendidik dilakukan secara online dengan platform aplikasi Zoom dengan pengajar bersertifikat dari Kominfo dan dilakukan dalam lima pertemuan meliputi pengenalan AI, aplikasi penunjang pembelajaran seperti Stratch, Quizizz, Teachable Machine, dan Poseblock. Bagi peserta yang lulus pelatihan akan mendapatkan e-Sertifikat dari Kominfo. Diharapkan dengan pelatihan ini memberikan pemahaman mengenai pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence bagi pengajar sehingga dapat disalurkan kepada murid-murid yang diajarnya. Peserta mengerjakan PraTest dengan Materi terkait pemanfaatan Kecerdasan Buatan untuk menunjang pembelajaran di Sekolah Dasar, sedangkan di akhir sesi dilakukan PostTest dengan materi yang sama dan soal yang berbeda, dengan pelatihan, peserta mendapatkan skor yang meningkat dengan rata – rata peningkatan skor adalah 37 point atau meningkat 76%

Keywords

Artificial Intelligencel; Thematic Academy; Guru SD

Full Text:

PDF

References

Mu’min, U. A. (2019). Peran Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-Education). Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 2(1), 104–113. https://doi.org/10.5281/zenodo.3554070

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474

Setiono, B. A. (2019). Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 9(2), 179. https://doi.org/10.30649/jurapk.v9i2.67

Sukma, Y. A. A., Kusumawardani, Q. D., & Wijaya, F. P. (2020). The Influence of Satisfaction Using Learning Management System on the Competencies of Digital Talent Scholarship Thematic Academy Participants. 504(ICoIE), 247–252. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.228



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i3.296

Article Metrics

Abstract views: 164 times
PDF Downloaded: 682 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.