Pelatihan Pengelolaan Promosi Digital Internet untuk Produk UMKM Pedesaan bagi Pelaku UMKM Kecamatan Pagelaran

Hestin Oktiani1* Agung Wibawa2 Eka Yuda Gunawibawa3 M Yusuf Effendy4
(1) Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Lampung
(2) Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Lampung
(3) Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Lampung
(4) Universitas Raharja
(*) Corresponding Author

Abstract

Pembuatan media dan pelatihan  promosi digital yang kreatif, bervariasi dan pengelolaan media digital untuk promosi produk/pemasaran  kepada para pengusaha UMKM di Kecamatan Pagelaran  merupakan solusi strategis dalam meningkatkan kemampuan para pelaku  UMKM yang masih minim dalam memanfaatkan internet sebagai media promosi. Pelatihan ini menggunakan buku saku  yang disusun oleh tim dan menjadi  sarana penyampaian materi pelatihan dan panduan praktik dalam pelatihan. Buku saku “Promosi Digital UMKM” berisi tentang pengenalan media sosial, etika dalam menggunakan media sosial, cara membuat akun media sosial, cara membuat konten promosi dalam bentuk teks, foto, video, serta bagaimana mengunggah konten tersebut di akun media sosial. Kegiatan diawali dengan pre test, penyampaian materi dan diskusi, latihan, praktik berdasarkan buku saku, yang didampingi oleh narasumber dan intruktur serta tim pendamping, dan post test. Kegiatan diikuti oleh 22 UMKM aktif di Kecamatan Pagelaran. Kegiatan yang dilakukan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam kisaran 9%-166%.  Peningkatan di bawah 10% terjadi pada peserta yang telah memiliki pengetahuan awal cukup baik. Peningkatan sangat signifkan  terkait Instagram dan tik tok. Secara umum kegiatan ini mampu membuat para peserta memahami arti penting internet terutama media sosial dalam proses promosi, mampu membuat akun  media sosial , konten promosi berbentuk teks, foto, dan video, lalu mengunggahnya di akun media sosial.

Abstract

Pembuatan media dan pelatihan  promosi digital yang kreatif, bervariasi dan pengelolaan media digital untuk promosi produk/pemasaran  kepada para pengusaha UMKM di Kecamatan Pagelaran  merupakan solusi strategis dalam meningkatkan kemampuan para pelaku  UMKM yang masih minim dalam memanfaatkan internet sebagai media promosi. Pelatihan ini menggunakan buku saku  yang disusun oleh tim dan menjadi  sarana penyampaian materi pelatihan dan panduan praktik dalam pelatihan. Buku saku “Promosi Digital UMKM” berisi tentang pengenalan media sosial, etika dalam menggunakan media sosial, cara membuat akun media sosial, cara membuat konten promosi dalam bentuk teks, foto, video, serta bagaimana mengunggah konten tersebut di akun media sosial. Kegiatan diawali dengan pre test, penyampaian materi dan diskusi, latihan, praktik berdasarkan buku saku, yang didampingi oleh narasumber dan intruktur serta tim pendamping, dan post test. Kegiatan diikuti oleh 22 UMKM aktif di Kecamatan Pagelaran. Kegiatan yang dilakukan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam kisaran 9%-166%.  Peningkatan di bawah 10% terjadi pada peserta yang telah memiliki pengetahuan awal cukup baik. Peningkatan sangat signifkan  terkait Instagram dan tik tok. Secara umum kegiatan ini mampu membuat para peserta memahami arti penting internet terutama media sosial dalam proses promosi, mampu membuat akun  media sosial , konten promosi berbentuk teks, foto, dan video, lalu mengunggahnya di akun media sosial.

Keywords

promosi digital,media sosial, UMKM

Full Text:

PDF

References

Dokumen Profil Industri Mikro dan Kecil Lampung 2018.

Oktiani, H. dkk, (2019). Tata Kelola Website Desa dan Kapasitas Pengelola dalam Memproduksi Konten sebagai Media Informasi dan Promosi Potensi Desa (Studi pada Pengelolaan dan Kompetensi Pengelola Website Desa di Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu). Laporan Penelitian Universitas Lampung.

Oktiani, H., Gunawibawa, E. Y. (2021). Strategi Media Digital-Internet Perempuan Pelaku Industri Mikro di Pedesaan dalam Mempromosikan Produk Hasil Olahan Ikan Air Tawar di Era 4.0. Laporan Penelitian Universitas Lampung.



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i4.328

Article Metrics

Abstract views: 68 times
PDF Downloaded: 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.