Pelatihan Pengelolaan Promosi Digital Internet untuk Produk UMKM Pedesaan bagi Pelaku UMKM Kecamatan Pagelaran
(1) Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Lampung
(2) Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Lampung
(3) Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Lampung
(4) Universitas Raharja
(*) Corresponding Author
Abstract
Pembuatan media dan pelatihan promosi digital yang kreatif, bervariasi dan pengelolaan media digital untuk promosi produk/pemasaran kepada para pengusaha UMKM di Kecamatan Pagelaran merupakan solusi strategis dalam meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM yang masih minim dalam memanfaatkan internet sebagai media promosi. Pelatihan ini menggunakan buku saku yang disusun oleh tim dan menjadi sarana penyampaian materi pelatihan dan panduan praktik dalam pelatihan. Buku saku “Promosi Digital UMKM” berisi tentang pengenalan media sosial, etika dalam menggunakan media sosial, cara membuat akun media sosial, cara membuat konten promosi dalam bentuk teks, foto, video, serta bagaimana mengunggah konten tersebut di akun media sosial. Kegiatan diawali dengan pre test, penyampaian materi dan diskusi, latihan, praktik berdasarkan buku saku, yang didampingi oleh narasumber dan intruktur serta tim pendamping, dan post test. Kegiatan diikuti oleh 22 UMKM aktif di Kecamatan Pagelaran. Kegiatan yang dilakukan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam kisaran 9%-166%. Peningkatan di bawah 10% terjadi pada peserta yang telah memiliki pengetahuan awal cukup baik. Peningkatan sangat signifkan terkait Instagram dan tik tok. Secara umum kegiatan ini mampu membuat para peserta memahami arti penting internet terutama media sosial dalam proses promosi, mampu membuat akun media sosial , konten promosi berbentuk teks, foto, dan video, lalu mengunggahnya di akun media sosial.
Abstract
Pembuatan media dan pelatihan promosi digital yang kreatif, bervariasi dan pengelolaan media digital untuk promosi produk/pemasaran kepada para pengusaha UMKM di Kecamatan Pagelaran merupakan solusi strategis dalam meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM yang masih minim dalam memanfaatkan internet sebagai media promosi. Pelatihan ini menggunakan buku saku yang disusun oleh tim dan menjadi sarana penyampaian materi pelatihan dan panduan praktik dalam pelatihan. Buku saku “Promosi Digital UMKM” berisi tentang pengenalan media sosial, etika dalam menggunakan media sosial, cara membuat akun media sosial, cara membuat konten promosi dalam bentuk teks, foto, video, serta bagaimana mengunggah konten tersebut di akun media sosial. Kegiatan diawali dengan pre test, penyampaian materi dan diskusi, latihan, praktik berdasarkan buku saku, yang didampingi oleh narasumber dan intruktur serta tim pendamping, dan post test. Kegiatan diikuti oleh 22 UMKM aktif di Kecamatan Pagelaran. Kegiatan yang dilakukan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam kisaran 9%-166%. Peningkatan di bawah 10% terjadi pada peserta yang telah memiliki pengetahuan awal cukup baik. Peningkatan sangat signifkan terkait Instagram dan tik tok. Secara umum kegiatan ini mampu membuat para peserta memahami arti penting internet terutama media sosial dalam proses promosi, mampu membuat akun media sosial , konten promosi berbentuk teks, foto, dan video, lalu mengunggahnya di akun media sosial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dokumen Profil Industri Mikro dan Kecil Lampung 2018.
Oktiani, H. dkk, (2019). Tata Kelola Website Desa dan Kapasitas Pengelola dalam Memproduksi Konten sebagai Media Informasi dan Promosi Potensi Desa (Studi pada Pengelolaan dan Kompetensi Pengelola Website Desa di Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu). Laporan Penelitian Universitas Lampung.
Oktiani, H., Gunawibawa, E. Y. (2021). Strategi Media Digital-Internet Perempuan Pelaku Industri Mikro di Pedesaan dalam Mempromosikan Produk Hasil Olahan Ikan Air Tawar di Era 4.0. Laporan Penelitian Universitas Lampung.
DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i4.328
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________
Jurnal Pengabdian Dharma Wacana
Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.