PELATIHAN PEMBUATAN HAND SANITIZER ALAMI BERBAHAN DAUN SIRIH DAN BATANG SEREH

Asep Suryana Abdurrahmat(1), Acep Zoni Saeful Mubarok(2), Ai Nur Solihat(3*), Ridwan Gumilar(4),

(1) Universitas Siliwangi
(2) Universitas Siliwangi
(3) Universitas Siliwangi
(4) Universitas Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract

Pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh viris nCov-19 berlangsung secara cepat. Hal ini disebabkan kemampuan virus tersebut menyebar melalui kontak langsung antar sesame manuaia. Selain upaya social/physical distancing, upaya lain yang harus dilakukan untuk menekan penyebaran virus ini adalah dengan menjaga kebersihan probadi, diantaranya dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun atau membilas tangan dengan menggunakan antiseptik/hand sanitizer. Tingginya permintaan handsanitizer mengakibatkan melambungnya harga dan terjadi kelangkaan di pasar. Oleh karena itu perlu dilakukan inovasi oleh masyarakat dalam pembuatan hand sanitizer yang mudah, murah namun tetap efektif dalam membunuh mokroba. Daun sirih dan batang sereh dipilih menjadi bahan utama dalam pembuatan hand sanitizer alami karena daun sirih dan batang sereh ini memiliki kandungan zat yang dapat dipergunakan untuk antiseptic dan mudah didapatkan. Pembuatan hand sanitizer ini menggunakan metode dan peralatan yang sedehrana. Target peserta dalam pelatihan ini adalah warga Dusun Cikadongdong dan Pesantren Dadali Dinillah Kampung Agra Kecamatan Cikadongdong Kota Tasikmalaya. Monitoring dan evaliasi dilakukan dengan cara memberikan kuesioner yang diberikan kepada 33 orang peserta pelatihan. Sebagian besar peserta pelatihan atau sebesar 75,76% menyatatakan sangat setuju bahwa materi pelatihan disampaikan dengan jelas dan mudah dipahami, 90,91% menyatakan sangat setuju bahwa bahan dasar pembuatan hand sanitizer mudah didapatkan, 45,45% cara pembuatan hand sanitizer alami sangat mudah, 90,91% pengemasan sangat mudah dan 84,85% menyatakan bahwa hand sanitizer alami ini sangat bermanfaat dan dapat dijadikan alternatif sebagai antiseptik pencuci tangan.

Keywords

Covid-19; hand sanitizer

Full Text:

PDF

References

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Kebijakan Penanggulangan Covid-19 di Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Murray. (2012). Biokimia Harper. Jakarta: EGC.

Suprapto, S. (2014). Simplisia dan Infusida Tanaman Obat. Jakarta: Rineka Cipta.

Wibawa, S. W. (2020). Nama Virus Corona Wuhan Sekarang SARS-COV-2. Kompas.com, 19 Februari 2020. Dapat diakses pada https://sains.kompas.com/read/2020/02/19/171500923/nama-virus-corona-wuhan-sekarang-sars-cov-2-ini-bedanya-dengan-covid-19.

World Health Organization. (2020). Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Covid-19. Jakarta : WHO & Departemen Kesehatan RI.



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v1i4.33

Article Metrics

Abstract views: 922 times
PDF Downloaded: 533 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.