Pengembangan UMKM 3T (Tahu, Tempe, Toge) Berbasis Digitalisasi Marketing dengan Analisis Equation Theory di Kampung Gunung Kendang

Tri Susanti1* Sasmita Sasmita2 Edowinsyah Edowinsyah3
(1) Program Studi Teknik Informatika, Institut Teknologi Pagar Alam
(2) Program Studi Teknik Informatika, Institut Teknologi Pagar Alam
(3) Program Studi Teknik Sipil, Institut Teknologi Pagar Alam
(*) Corresponding Author

Abstract

Kampung Gunung Kendang merupakan salah satu desa yang ada di kota Pagar Alam. Kawasan Kampung Gunung Kendang ini terkenal dengan UMKM nya dimana mayoritas masyarakatnya memproduksi Tahu, Tempe dan Toge. Sebagai Kawasan dengan UMKM 3T Kampung Gunung Kendang dirasakan belum memberikan kehigienisan dan pemasaran secara maksimal, terutama pada pengemasan produk sebelumnya yang masih menggunakan kantong kresek yang kurang baik bagi kesehatan. Belum tertatanya proses pemasaran dan marketing menjadi salah satu isu permasalahan yang di hadapi mitra, sehingga diperlukan pendampingan untuk Pengembangan UMKM dalam pengemasan produk, dan Digitalisasi marketing dalam upaya peningkatan ekonomi dan pemasaran produk. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian program kemitraan masyarakat ini antara lain; Metode wawancara, quisioner, survey kondisi lokasi dan analisis kawasan, berkomunikasi dengan ketua RT Kampung Gunung Kendang dan diskusi dengan orang-orang yang memproduksi Tahu, Tempe dan Toge dalam mengidentifikasi kebutuhan dan fasilitas pendukung dalam proses produksi, dan menetukan konsep pemasaran digital. Melalui kegiatan pendampingan ini menghasilkan beberapa capaian yaitu; UMKM Kampung Gunung Kendang dapat memberikan produk dengan desain kemasan yang lebih menarik, lebih tahan lama dan lebih higienis, keefektifan digitalisasi marketing para pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) Kampung Gunung Kendang dalam pendekatan Analisis Media Equetion Theory.

Keywords

UMKM; Kampung Gunung Kendang; Digitalisasi Marketing; Analisis Equetion Theory

Full Text:

PDF

References

A. Wardhana, “Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia,” in Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, 2015, pp. 327–337.

A. Maydiantoro, M. T. B. S. Jaya, W. Hestiningtyas, and R. Rahmawati, “Pendampingan UMKM Menuju Digitalisasi Marketing Upaya Kebangkitan di Era New Normal,” J. Kreat. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 6, pp. 1530–1539, 2021.

K. L. Keller and P. Kotler, Dirección de marketing. 2012.

M. M. Marka, N. Azis, and M. A. Alifiana, “Pengembangan UMKM Madumongso melalui manajemen usaha dan legalitas usaha,” J. Abdimas, vol. 22, no. 2, pp. 185–192, 2019.

M. As’ary, P. Mugini, M. F. Fakhrurozi, S. Sugiarti, G. F. Utami, and D.

R. Hapsari, “Optimalisasi Potensi Home Industry melalui Digitalisasi Marketing (Kasus: Produksi Emping Rumahan Kampung Pagutan, Desa Sukakerta, Cianjur),” J. Pus. Inov. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 91–101, 2021.

N. N. Rohmah, “Efektifitas Digititalisasi Marketing Para Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Lombok (Analisis Media Equation Theory),” Al-I’lam J. Komun. dan Penyiaran Islam, vol. 3, no. 1, pp. 1–14, 2019.



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i3.347

Article Metrics

Abstract views: 251 times
PDF Downloaded: 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.