Optimalisasi Produk dan Pemasaran UMKM Agrowisata Jeruk Gerga Desa Gunung Agung

Yogi Isro1* Vike Itteridi2 Iskandar Iskandar3
(1) Teknik Informatika, Institut Teknologi Pagar Alam
(2) Teknik Sipil, Institut Teknologi Pagar Alam
(3) Teknik Informatika, Institut Teknologi Pagar Alam
(*) Corresponding Author

Abstract

Dalam menghadapi pandemi pasca covid 19, diperlukan strategi yang baik dalam mengembangkan UMKM sektor wisata agar tetap tumbuh, salah satunya adalah melalui pemanfaatan teknologi untuk menciptakan less contact agar perekonomian UMKM dapat tetap tumbuh. Salah satu sektor wisata Agrowisata Buah Jeruk Gerga di Desa Gunung Agung Kecamatan Pagar Alam Utara yang terdampak pandemi covid-19. Beberapa persoalan yang ditemukan pada UMKM Agrowisata Buah Jeruk Gerga Desa Gunung Agung Kecamatan Dempo Utara terdiri dari aspek permodalan dimana kurangnya dalam proses pengolahan Jeruk Gerga, aspek teknologi pemasaran dimana pemasaran dan penjualan UMKM Agrowisata Jeruk Gerga Gunung Agung masih dilakukan secara konvensional dan aspek manajerial dimana tidak pernah dilakukan pencatatan kas masuk dan kas keluar bagi mengetahui sejauh mana UMKM Agrowisata Buah Jeruk Gerga Desa Gunung Agung. Untuk membantu mengatasi persoalan tersebut, beberapa solusi yang ditawarkan yakni : 1) Peningkatan Value Jeruk Gerga menjadi Sirup, 2) Pembuatan Website bagi UMKM Agrowisata Jeruk Gerga Desa Gunung Agung demi memudahkan UMKM memperkenalkan wisata berbasis Agrowisata dan melakukan penjualan produk dan pemesanan hasil pengolahan Buah Jeruk, 3) Pembuatan sistem pembayaran online bagi menciptakan less contact payment. Peningkatan Produksi Agrowisata Buha Jeruk Gerga Desa Gunung Agung. Peningkatan manajemen UMKM melalui tersistemnya sistem keuangan , pemasaran dan juga pemahaman tentang prosedur keselamatan dan juga kesehatan dalam mengikuti protokol Covid-19. Berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan dengan kuesioner yang dilakukan bersifat tertutup dengan 14 pernyataan kuesioner terdiri sangat setuju = 5; setuju = 4; netral = 3; kurang setuju = 2; tidak setuju=1. Kuesinoner ini juga dikonstruksikan sesuai dengan tujuan program kemitraan masyarakat stimulus dengan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha koefisien dimana hasil kuesioner dinyatakan reliable dengan nilai (0.755) dari 14 item pernyataan..

Keywords

optimalisasi produk; agorwisata; UMKM; jeruk gerga

Full Text:

pdf

References

Kemenparekraf. (2020). Rencana Strategis 2020-2024. In Kemenparekraf (2020th ed.). simulation. Computers and Electrical Engineering, 88(April), 106884. https://doi.org/10.1016/j.compeleceng.2020.106884

Iskandar, I., & Mukti, Y. I. (2020). Sistem Informasi Multimedia Untuk Meningkatan UMKM Pada Kota Pagar Alam Berbasis WEB. Conference SENATIK STT Adisutjipto Yogyakarta, 6, 237–246. https://doi.org/10.28989/senatik.v6i0.418

Kemenparekraf. (2020). Rencana Strategis 2020-2024. In Kemenparekraf (2020th ed.). Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Mesgarpour, M., Abad, J. M. N., Alizadeh, R., Wongwises, S., Doranehgard, M. H., Ghaderi, S., & Karimi, N. (2021). Prediction of the spread of Corona-virus carrying droplets in a bus - A computational based artificial intelligence approach. Journal of Hazardous Materials, 413(February), 125358. https://doi.org/10.1016/j.jhazmat.2021.125358

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). Umkm Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa Msmes the Pillar for Economy. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137–146.



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i3.348

Article Metrics

Abstract views: 274 times
pdf Downloaded: 157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.