Workshop Etika Media Digital di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Digital (KBDG.ID)

Agung Wibawa1* Eka Yuda Gunawibawa2 Vito Yuda Frasetya3 Rima Yuni Saputri4 Rachel Yuni Yunika5
(1) Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Lampung
(2) Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Lampung
(3) Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Lampung
(4) Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Lampung
(5) Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract

Media digital terus berkembang dan memiliki pengaruh besar kepada semua lapisan masyarakat.  Kemampuan  dan  katerampilan  dalam  etika  media  digital  oleh  semua kalangan  sangat  dibutuhkan  khususnya  pengajar  dan  murid  yang tengah mempelajari dan memperdalam dunia digital. Seringkali etika media digital diabaikan dan tidak masuk dalam kurikulum lembaga pendidikan dan workshop digital. Kemampuan dan keterampilan ini akan mampu meningkatkan kualitas hidup seseorang seperti kemampuan akses media untuk pembelajaran, mampu menangkal hoax, pemanfaatan media untuk kemandirian dan lain sebagainya. Tujuan dilaksanakannya kegiatan PKM ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait etika media digital, meningkatkan keterampilan dalam menganalisis isi/konten digital diberbagai platform media digital, Meningkatkan kesadaran dan kemampuan mengambil manfaat dari media digital untuk meningkatkan kualitas hidup. Metode yang akan digunakan adalah metode ceramah sebesar 50% dan workshop sebanyak 50%. Sasaran kegiatan ini adalah para pengajar dan murid di lembaga pendidikan digital KBDG.ID. Peningkatan pengetahuan peserta tentang etika media digital dengan nilai rata-rata pretest sebesar 7,22 menjadi 9,09 setelah penilaian post test. Dapat disimpulkan terdapat kenaikan 18,75% kenaikan pengetahuan peserta.

Keywords

workshop; etika; media digital

Full Text:

PDF

References

Choirul, A. (2013). Tingkat Literasi Media Berbasis Kompetensi Individual Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Sunan Ampel Surabaya. Prosiding.

Eriyanto. (2002). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi dan Politik Media. Yogyakarta: LKIS.

Irwansyah. (2011). Corporate and Marketing Communication. Jakarta: Puskombis Universitas Mercu Buana.

Kalidjernih, F.K., (2011). Puspa ragam konsep dan isu kewarganegaraan (edisi ke tiga). Bandung: Widya Aksara Press.

Karimah, Kismiyati, El., & Wahyudin, U. (2010). Filsafat dan Etika Komunikasi: Aspek Ontologis, Epistimologis, dan Aksiologis dalam Memandang Ilmu Komunikasi. Bandung: Widya Padjajaran.

Piliang, Y. A,. (2011). Dunia yang Dilipat: Tamasya Melampaui Batas-batas Kebudayaan. Bandung: Matahari.

Sudibyo, A. (2016). Etika Bermedia dan Kontroversi Politik. Kompas, 18 Oktober 2016.

Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3).



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i4.361

Article Metrics

Abstract views: 140 times
PDF Downloaded: 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.