Penjajakan Peluang Kerjasama Lampung-Australia Guna Memacu Daya Saing Sektor Pariwisata Daerah

Rahayu Lestari1* Tety Rachmawati2
(1) Jurusan Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Lampung
(2) Jurusan Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract

Potensi pariwisata Lampung yang tinggi perlu mendapat perhatian dan prioritas untuk meningkatkan daya saing destinasi wisata. Data kunjungan wisatawan tahun 2018 menunjukkan minat wisatawan asing yang tinggi terhadap objek wisata pantai dan alam di Lampung. Akan tetapi potensi pariwisata tersebut belum optimal mengingat belum diprioritaskannya sektor pariwisata sebagai salah satu sektor strategis yang dapat menyokong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pengabdian ini bertujuan untuk mendorong kesadaran pemerintah daerah Provinsi Lampung dalam inisiasi kerjasama pada sektor Pariwisata, guna meningkatkan daya saing dan optimalisasi sektor pariwisata daerah Lampung sebagai salah satu sumber aktifitas ekonomi masyarakat. Upaya inisiasi kerjasama dilakukan melalui Focus Grup Discussion dan Seminar yang mempertemukan beberapa elemen pemangku kebijakan dan kepentingan pada sektor pariwisata. Target luaran yang ingin dicapai adalah terdorongnya pemerintah daerah Lampung dan beberapa elemen/stakeholder lain dalam memulai realisasi kerjasama sektor pariwisata daerah dengan pemerintah negara Australia sebagai salah satu mitra luar negeri Lampung.

Keywords

Kerjasama Internasional; Paradiplomasi; Subnasional; Lampung; Pariwisata

Full Text:

PDF

References

Lestari, R., Rachmawati, T., Kamandanu, F. A., Syahrobi, D. (2021). Lampung Tourism Supply During the Pandemic and Post-Covid 19 Pandemic. Advance in Social Sciences and Humanities Research, Vol. 606, Atlantis Press, Second International Indonesia Conference on Interdisciplinary Studies (IICIS 2021).

Pesisir Barat dalam Angka tahun 2018. BPS Pesisir Barat.

Nariswari, R. (2018). Ini 5 Pantai Selain Tanjung Setia di Krui Pesisir Barat. Tempo. diakses pada https://travel.tempo.co/read/1133246/ini-5-pantai-selain-tanjung-setia-di-krui-pesisir-barat/full&view=ok , 10 Februari 2022



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i4.366

Article Metrics

Abstract views: 109 times
PDF Downloaded: 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.