Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Tenaga Pendidik Berbasis Aplikasi di Kota Sungai Penuh

Apdelmi Apdelmi1* Helty Helty2 Wawan Junresty Daya3
(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author

Abstract

Penulisan karya ilmiah bagi tenaga pendidik bermanfaat bagi pengembangan keterampilan menulis, peningkatan wawasan dan pengetahuan sesuai dengan bidang keahliannya, serta dapat memajukan kesejahteraan guru. Membuat tulisan yang bersifat ilmiah menjadi salah satu syarat untuk jenjang kepangkatan guru dan sertifikasi guru. Namun, gairah untuk menulis karya tulis ilmiah bagi tenaga pendidik masih rendah. Demikian yang terjadi di Kota Sungai Penuh. Hal ini terlihat dari masih kurangnya tulisan-tulisan tenaga pendidik pada media ilmiah. Kurangnya minat tersebut diduga disebabkan masih kurangnya pengetahuan dan minimnya pelatihan dalam menulis karya tulis ilmiah , untuk itu perlu dilakukan pelatihan penulisan karya ilmiah terutama yang berbasis aplikasi di Kota Sungai Penuh. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa dengan dilakukannya pelatihan pembuatan karya tulis ilmiah memberikan kesan baru pada para tenaga pendidik, terutama guru di Kota Sungai Penuh bahwa menulis tidak lah sesulit yang dibayangkan, guru menjadi termotivasi dan mau mencoba menulis, guru juga mendapat ide-ide baru tentang tema-tema yang bisa dikembangkan untuk menjadi karya tulis ilmiah.

Full Text:

PDF

References

Bhargava, M., Dubelaar, C., & S. Ramaswami. (1994). Reconciling Diverse Measures of Performance: A Conceptual Frame Work and Test of a Methodology. Journal of Business Research. Vol. 31.

Dwiyanto, A. dkk. (2002). Reformasi Birokrasi di Indonesia. Yogyakarta: Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan, Universitas Gajah Mada.

Jasperson, J. Carter, P.E. Zmud, R.W. (2005). A Comprehensive Conceptualization of Post- Adoptive Behaviors Associated with Information Technology Enabled Work Systems. MIS Quarterly, Sept. 2005; 29,3. ABI/INFORM Global pg. 525.

Levin, H.M. dan Schütze, 1983. H.G. (Ed.) Financing Recurrent Education, Strategies for Increasing Employement, Job Opportunities, and Productivity. Beverly Hills: Sage Publication.

Levin, H.M. (1983). Individual Entitlements. Dalam. Financing Recurrent Education, Strategies for Increasing Employement, Job Opportunities, and Productivity.

Murdick, R.G., Ross, J.E., Claggett, J.R. (1996). Sistem Informasi untuk Manajemen Modern (edisi ketiga/terjemah oleh Djamil). Jakarta: Penerbi Erlangga.

Nurkolis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.

Slamet, R.A. &, Deraman, A. (2008). Mengeliminasi Resistensi Masa menuju Berbudaya ICT pada Organisasi Publik Pendekatan

Kurt Lewin. Dalam Makalah-makalah Sistem Informasi. Bandung : Penerbit Informatika.



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v1i3.39

Article Metrics

Abstract views: 215 times
PDF Downloaded: 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.