Meningkatkan Kemampuan Microsoft Excel Siswa SMKN 1 Sekampung Dengan Workshop

Tri Aristi Saputri1 Usep Saprudin2 Budi Sutomo3 Febri Sugandi4 Untoro Apsiswanto5 Muhammad Adie Syaputra6 Sulistiyanto Sulistiyanto7 Heri Nurdiyanto8*
(1) Sekolah Tinggi Management Informatika dan Komputer Dharma Wacana
(2) Sekolah Tinggi Management Informatika dan Komputer Dharma Wacana
(3) Sekolah Tinggi Management Informatika dan Komputer Dharma Wacana
(4) Sekolah Tinggi Management Informatika dan Komputer Dharma Wacana
(5) Sekolah Tinggi Management Informatika dan Komputer Dharma Wacana
(6) Sekolah Tinggi Management Informatika dan Komputer Dharma Wacana
(7) Politeknik Negeri Sriwijaya
(8) Sekolah Tinggi Management Informatika dan Komputer Dharma Wacana
(*) Corresponding Author

Abstract

Keterampilan penggunaan aplikasi microsoft excel menjadi kemampuan yang diperlukan karena aplikasi tersebut menjadi alat bantu utama dan penting dalam setiap pekerjaan. Proses kegiatan pembelajaran di SMAN 2 Sekampung Lampung Timur yang melalui daring, imbas dari pandemi, mengakibatkan pengetahuan dan keterampilan siswa khususnya penggunaan microsoft excel menjadi kurang. Untuk mengejar kekurangan pengetahuan dan keterampilan tersebut, pihak sekolah memberikan pelatihan kepada siswa. Metode yang digunakan dalam pelatihan tersebut dengan Participatory Learning and Action (PLA). Materi yang diberikan diantaranya penggunaan rumus, fungsi, operasi matematika dan lain sebagainya. Kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh tim pengabdian menunjukkan hasil yang positif, terlihat dari kenaikan nilai rereta test yang dilakukan, dari 45.05 menjadi 62.48 poin. Harapanya dari pelatihan ini, pengetahuan dan keterampilan siswa bertambah dan dapat menjadi modal mereka ketika akan melanjutkan pendidikan atau bekerja

Keywords

Pelatihan, PLA, Microsot Excel

Full Text:

PDF

References

Asiba, W. P. (2021). Pentingnya Teknologi Bagi Guru Pada Masa Pandemi Covid 19. OSF Preprints, 1(1), 1–9. https://osf.io/345zu

Bariqi, M. D. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. 5(2).

Dhewy, R. C. (2018). Pelatihan Dasar-Dasar Statistika Dengan Menggunakan Aplikasi Microsoft Excel Di Sdn Pamotan Ii Kecamatan Porong. JURNAL PADI (Pengabdian Masyarakat Dosen Indonesia), 1(1), 36–40. https://doi.org/10.51836/jpadi.v1i1.319

Fajrinshanty, I., Herawati, N. T., Ak, S. E., & Atmadja, A. T. (2017). Penerapan Standar Akuntasi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Sak Etap) Pada Ud Sinar Abadi. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2). https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.16973

Girard, A., & Fallery, B. (2010). Human resource management on Internet: New perspectives. Journal of Contemporary Management Research, 4(2).

Lim, D. H., & Morris, M. L. (2006). Influence of trainee characteristics, instructional satisfaction, and organizational climate on perceived learning and training transfer. Human Resource Development Quarterly, 17(1), 85–115. https://doi.org/10.1002/hrdq.1162

Niati, A., Soelistiyono, A., & Ariefiantoro, T. (2019). Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan Komputer Microsoft Office Excel untuk Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa Mranggen. 10(1), 105–110. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3557

Parastiwi, A., Safitri, H. K., Prasetyo, A., & Rahmanto, A. N. (2017). Penyusunan Strategi Pembelajaran Participatory Learning and Action untuk Meningkatkan Peran Mahasiswa Teknik Elektronika sebagai Agen Energi Photovoltaic. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Elektro Terapan, 1(01), 169–174.

Petro, S., & Swatan, K. H. (2019). Pelatihan Microsoft Excel Sebagai Penunjang Ketrampilan Hard Skill Bagi Siswa Pada SMK YPSEI Palangka Raya. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 280–286. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.6011

Putra, Y. K., Sadali, M., Fathurrahman, F., & Mahpuz, M. (2020). Pelatihan uji kompetensi keahlian siswa sekolah kejuruan menggunakan metode Participatory Learning and Action (PLA). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 46–52. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2772

Rustiana, A. (2010). Efektivitas Pelatihan Bagi Peningkatan Kinerja Karyawan. 1(2), 137–143.

Setiawati, N. A., Hapsari, S., & Munir, A. (2022). Pelatihan Perpajakan Pada Siswa Kejuruan. 1(2).

Sulistiyanto, S., Saprudin, U., Sari, E. G., & Ikhsanto, M. N. (2023). Ujian Kompetensi Keahlian Sebagai Penilaian Kesiapan Siswa Memasuki Dunia Kerja Di Smkn 3 Metro. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 979–983. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.13987

Wibisono, T., Alawiyah, T., & Warnilah, A. I. (2019). Pelatihan Komputer Dasar untuk Mendukung Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Bagi Guru RA/TPQ/DTA Al-Ishlaah Kota Tasikmalaya. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 2(2), 234–240



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v4i1.407

Article Metrics

Abstract views: 212 times
PDF Downloaded: 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.