Revitalisasi Wisata Religi Petilasan Nyi Mas Gamparan dan Sumur Ciwasiat Berbasis Social Media Marketing

Ita Rosita Wahyiah1* Muhammad Ikrom Alrasid2 Suherman Arifin3 Suci Aprilianti4 Bambang Arianto5
(1) Universitas Bina Bangsa
(2) Universitas Bina Bangsa
(3) Universitas Bina Bangsa
(4) Universitas Bina Bangsa
(5) Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Wisata religi menjadi salah satu sektor yang bisa direvitalisasi oleh pemerintahan desa untuk memperkuat fundamental ekonomi desa. Revitalisasi wisata religi tidak sebatas pada penataan infrastruktur, tetapi juga memperkuat promosi agar semakin dikenal oleh publik. Pemanfaatan media sosial menjadi alternatif terbaik dalam memperkuat revitalisasi wisata religi berbasis nilai Kebantenan. Hal itu disebabkan media sosial merupakan saluran yang banyak digunakan oleh generasi internet dan efektif dalam pemasaran era digital. Dalam pengabdian masyarakat di Desa Tanjungsari, Kabupaten Serang yang dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2023, telah diberikan pendampingan tentang penggunaan social media marketing sebagai strategi revitalisasi wisata religi petilasan Nyi Mas Gamparan dan Sumur Ciwasiat. Pendampingan dimulai dengan pembuatan platform Instagram dan edukasi tentang langkah teknis pemanfaatan media sosial. Mulai dari tata kelola media sosial, manajemen admin, konten kreatif, copywriting, dan manajemen viral. Dari hasil kegiatan ini diketahui bahwa penguatan dan penerapan social media marketing dapat berkontribusi merevitalisasi wisata religi petilasan Nyi Mas Gamparan dan Sumur Ciwasiat di Desa Tanjungsari, Kabupaten Serang.

Keywords

Wisata Religi, Nyi Mas Gamparan, Media Sosial, Marketing

Full Text:

PDF

References

Arianto, B., & Risdwiyanto, A. (2021). Kiprah aktor warganet melalui media sosial dalam pemasaran digital: Studi kasus pada #HondaBeat. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 11(1), 19-46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30588/jmp.v11i1.636

Arianto, B., & Sofyan, H. (2020). Peran Media Sosial Bagi Penguatan Bisnis UMKM di Kota Serang Banten. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 6(2), 130-145. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.48181/jrbmt.v6i2.19025

Arianto, B. (2021). Dampak Media Sosial Bagi Perubahan Perilaku Generasi Muda di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Social Politics and Governance (JSPG), 3(2), 118–132. https://doi.org/https://doi.org/10.24076/JSPG.2021v3i2.659

Arianto, B. (2022). Peran Media Sosial Dalam Penguatan Komunikasi Bisnis Kewargaan di Era Ekonomi Digital. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 4(2), 132–146. https://doi.org/https://doi.org/10.36423/jumper.v4i2.1148

Arianto, B. (2023a). Kebermanfaatan Media Sosial Bagi Generasi Internet: Studi Fenomenologi. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33021/exp.v6i1.4185

Arianto, B. (2023b). Tata Kelola Media Sosial Bagi Penguatan Akuntabilitas Dana Desa di Desa Surianeun, Kabupaten Pandeglang. Rahmatan Lil’Alamin Journal of Community Services, 3(1), 30–38. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/RLA.Vol3.iss1.art4

Dana, G. N. W., & Yasin, A. (2021). Perekonomian Pedagang Sekitar Wisata Religi Troloyo pada Masa Pandemi Covid-19. INDEPENDENT: Journal Of Economics, 1(3), 32–46. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/independent.v1i3.41470

Haryanti, A. S., Hufad, A., & Leksono, S. M. (2022). The Strengthening Of Character Education Based On Local Wisdom Through Hikayat Nyimas Gamparan. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 9(1), 15–27. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/pjp.v9i1.3495

Jayatanti, F. D., Isnawati, S. I., & Widagdo, T. H. (2022). Teknik Copywriting Harga Untuk Marketing Online Bagi Pelaku UMKM Kerajinan dan Souvenir di Desa Pucang Kabupaten Magelang. Jurnal Bakti Humaniora, 2(2), 21–27. https://doi.org/https://doi.org/10.35473/jbh.v2i2.2043

Madyan, M., Kholidah, H., Fitrisia, D., & Laila, N. (2015). Dampak Ekonomi Wisata Religi, Studi Kasus Kawasan Wisata Sunan Ampel Surabaya. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 101–106. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/bisma.v7n2.p101-106

Rahmiyanti, S., Arianto, B., & Handayani, B. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Bagi Penguatan Bisnis UMKM di Desa Petir Kabupaten Serang. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 4(1), 48–58. https://doi.org/https://doi.org/10.37295/jpdw.v4i1.401

Santoso, I. B. (2022). Membangun Ekonomi Kreatif melalui Wisata Batik sebagai Upaya Membangkitkan Perekonomian Lokal di Era Kebiasaan Baru Desa Wisata Jarum Bayat. Media Wisata, 20(1), 115–123. https://doi.org/https://doi.org/10.36276/mws.v20i1.306

Septemuryantoro, S. A. (2021). Potensi Desa wisata sebagai alternatif destinasi wisata new normal. Media Wisata, 19(2), 186–197. https://doi.org/https://doi.org/10.36276/mws.v19i2.2

Surijah, E. A., Kirana, C. T., Wahyuni, N. P. J. D., Yudi, P. C., & Astini, N. K. B. (2017). Membedah Instagram: Analisis Isi Media Sosial Pariwisata Bali. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(1), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/intuisi.v9i1.9560

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada era Industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81–92. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/pba.v3i2.649



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v4i2.424

Article Metrics

Abstract views: 99 times
PDF Downloaded: 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.