Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Alternatif Pemasaran Produk pada CV. Buah Asa Tani, Bangunrejo, Lampung Tengah

Winda Septiani1* Syaikhul Aziz2 Tantri Liris Nareswari3 Abdul Muhyi4 Murni Sari5 Firly Shalsha Billa6 Meiriska Maharani Surya Nugroho7 Cresentia Aurora Mizuki8 Shindy Martha Rahayu9
(1) Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
(2) Program Studi Farmasi, Institut Teknologi Sumatera
(3) Program Studi Farmasi, Institut Teknologi Sumatera
(4) Program Studi Teknik Mesin, Institut Teknologi Sumatera
(5) Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
(6) Program Studi Farmasi, Institut Teknologi Sumatera
(7) Program Studi Farmasi, Institut Teknologi Sumatera
(8) Program Studi Kimia, Institut Teknologi Sumatera
(9) Program Studi Teknologi Pangan, Institut Teknologi Sumatera
(*) Corresponding Author

Abstract

Internet telah banyak digunakan oleh semua kalangan masyarakat, termasuk salah satunya yaitu para pengusaha yang sudah berjalan bertahun-tahun. Akan tetapi, kurangnya wawasan para pengusaha menyebabkan kurangnya pemanfaatan internet secara optimal dalam mendukung proses bisnis untuk meningkatkan keuntungan yang diperoleh para pelaku usaha. Salah satu usaha yang saat ini belum menyentuh digital marketing adalah CV. Buah Asa Tani. Kondisi ini mendorong untuk pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dalam mengedukasi terkait pemanfaatan sistem pemasaran secara digital sebagai alternatif pemasaran produk. CV. Buah Asa Tani merupakan Industri pengolahan kelapa, sejak tahun 2009. Usaha pemanfaatan kelapa, yang dikelola CV. Buah Asa Tani, menjadi sektor yang sangat penting untuk memastikan penyerapan produk kelapa dari para petani. Namun, masih terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi, seperti stabilitas produk, pemasaran yang masih konvensional, serta persaingan pasar yang tinggi sehingga membutuhkan diversifikasi produk serta limbah. Walaupun penjualan VCO tergolong tinggi, namun permintaan produk tidak selalu ada. Dari berbagai problema yang ada pada Mitra, kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada pemanfaatan digital marketing, untuk meningkatkan pemasaran produk olahan kelapa. Materi digital marketing yang disampaikan kepada karyawan CV. Buah Asa Tani telah tersampaikan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pengetahuan peserta sebesar 100% setelah pelatihan.

Keywords

Pemasaran; Digital Marketing; VCO; UMKM; Lampung Tengah

Full Text:

PDF

References

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981

Azizah, L. N., Novitasari, D., & DJ, Y. R. (2022). Digital Marketing Bagi UMKM (Di Desa Kemlagigede) Pasca Pandemi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 878–882.

Halimah dan Swissia. (2023). OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN BRANDING PADA UMKM TEMPE MBAH MUL DI DESA PURWOTANI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 5949–5956. https://doi.org/10.31862/9785426311961

Kamila, I. R., & Soebiantoro, U. (2023). Implementasi Digital Marketing dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM “Bintang Lestari” di Kelurahan Karangtengah. Jurnal Sosio Humaniora Sasanti, 4(3). https://www.terbitan.sasanti.or.id/index.php/JSHS/article/view/129%0Ahttps://www.terbitan.sasanti.or.id/index.php/JSHS/article/viewFile/129/133

Kementan RI. Produksi Kelapa Indonesia Terbesar Di Dunia, Mentan Amran Dorong Ekspor dan Nilai Tambah. 2018. https://www.pertanian.go.id/home/?show=news&act=view&id=3281 diakses pada 5 April 2022 pukul 15:23

Kementan RI. Statistik Perkebunan Unggulan Nasional 2020-2022. 2021. BSN. SNI 7381:2008. 2008.

Nasution, M., & Afandi, A. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Digital Marketing kepada Pelaku UMKM di Desa Saentis Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.1 No.(1), 58–65. https://jurnal.perima.or.id/index.php/ABP

Purwana D, Rahmi R, Aditya S. Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). 2017 May 17;1(1):1-7.

Rusdianto, A. S., Amilia, W., & Nugroho, D. A. (2020). Analisis Kelayakan Ekonomi Pada Industri Virgin Coconut Oil (Vco) Di Sukorejo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Jurnal Agroteknologi, 14(02), 137. https://doi.org/10.19184/j-agt.v14i02.16614

Siregar, N. A., Lista, L. N., Samosir, F. D., & Silalahi, P. R. (2023). Dampak Penggunaan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Makanan Pada Umkm Di Laut Dendang Kec. Percut Sei Tuan. CEMERLANG: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(1), 42–53.

Sulaksono J. Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal. 2020 Mar 18;4(1):41-7

Suryani S, Sariani S, Earnestly F, Marganof M, Rahmawati R, Sevindrajuta S, Mahlia TM, Fudholi A. A comparative study of virgin coconut oil, coconut oil and palm oil in terms of their active ingredients. Processes. 2020 Mar 30;8(4):402.



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v4i2.444

Article Metrics

Abstract views: 39 times
PDF Downloaded: 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.