Peningkatan Keterampilan Praktik Hidroponik bagi Pengurus OSIS dan Pramuka SMP Negeri di Bandar Lampung

Ahmad Rifa'i1* A Effendi2 Deddy Aprilani3 Prasetya Nugeraha4
(1) Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
(2) Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
(3) Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
(4) Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract

Keterampilan praktek membuat hidroponik perlu dikuasai oleh peserta didik di sekolah menengah pertama di Bandar Lampung. Karena merupakan bagian dari pemahaman materi reboisasi yang diajarkan di kelas dan merupakan salah satu kompetensi yang akan dicapai pada mata pelajaran IPA. Untuk mempercepat pencapaian kompetensi ini dapat dilakukan dengan cara memberikan pelatihan peningkatan keterampilan paraktek hidroponik. Metode pemecahan masalah dilakukan dengan menyampaikan materi arti dan jenis hidroponik, media tumbuh hidroponik, larutan dan pembuatan nutrisi tumbuhan hidroponik, instalasi hidroponik, penanaman tumbuhan hidroponik, dan keunggulan hidroponik secara monologis di depan kelas. Selanjutnya dilakukan diskusi dengan memberikan contoh hasil kerja berupa foto-foto hidroponik dan gambar teknik membuat instalasi hidroponik. Metode selanjutnya adalah praktek pembuatan instalasi hidroponik. Hasil dari kegiatan ini adalah rata-rata tingkat pemahaman akhir  peserta adalah 67,67% dan nilai ini masuk dalam kriteria cukup memahami. Pemberian materi juga telah berhasil meningkatkan pemahaman peserta dari kriteria belum memahami ke kriteria yang lebih tinggi, yaitu cukup memahami.

Keywords

Praktek Hidroponik, Pelajaran IPA

Full Text:

PDF

References

Kementerian PU. (2012). Permen PU No. 11/PRT/M/2012 Tentang Rencana Aksi Nasional Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim Tahun. In Peraturan Menteri Pekerjaan Umum.

Pratikto, A. S., Hariadi, M. H., Aldrian, E., Tarmana, D., Siswadi, A., Mamenun, Suhardi, B., Kurniawan, R., Khotimah, M. K., H.S, M., Mayasari, R., Lamria, M., Umar, A. N., Anwar, A., Hasan, S., Rusli, Y., Machfudz, Muntasib, E. K. S. H., & Hutapea, S. H. (2014). Konsep Implementasi Adaptasi Sektorial Perubahan Iklim. In Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara Deputi Bidang Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (Issue September).

Purwanto, Y., Walujo, E. B., Suryanto, J., Munawaroh, E., & Ajiningrum, P. S. (2012). Strategi Mitigasi Dan Adaptasi Terhadap Perubahan Iklim: Studi Kasus Komunitas Napu Di Cagar Biosfer Lore Lindu Mitigation and Adaptation Strategy To Climate Change: a Case Study of Napu Community in Lore Lindu Biosphere Conservation Area. Jurnal Masyarakat & Budaya, 14(3), 541–570.

Roidah, I. S. (2014). Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO, 1(2), 43–50.

Swastika, S., Yulfida, A., & Sumitro, Y. (2017). Budidaya Sayuran Hidroponik (Bertanam Tanpa Media Tanah).

UNDP. (2007). Sisi Lain Perubahan Iklim. In United Nations Development Programme Indonesia.



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v4i2.452

Article Metrics

Abstract views: 25 times
PDF Downloaded: 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.