PENGUJIAN METODE ELEKTREE UNTUK MENENTUKAN LOKASI STRATEGIS SUATU OBJEK BISNIS

Apri Chandra1* Tahang M.Ti2
(1) STMIK Dharmawacana
(2) Pasca Sarjana IBI Dharmajaya
(*) Corresponding Author

Abstract

Pemilihan lokasi bisnis yang baik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan pemasaran dari sebuah usaha. Semakin strategis lokasi usaha yang dipilih, maka akan berpengaruh pada semakin tinggi pula tingkat penjualan. Metode ELECTRE merupakan salah satu model yang dapat digunakan untuk menentukan alternatif terbaik dari beberapa alternatif yang dipilih. Dengan menggunakan model ELECTRE maka dapat menentukan lokasi bisnis terbaik sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh PT Arta Jaya Gapura. PT Arta Jaya Gapura adalah salah satu perusahaan dan juga merupakan rekanan PT. Pertamina persero yang bergerak di bidang distribusi Lpg 3kg. Dalam penelitian ini juga akan dilakukan pengujian untuk membuktikan bahwa metode ELECTRE dapat digunakan untuk menentukan lokasi bisnis terbaik dari sejumlah alternatif lokasi dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan

Keywords

ELECTRE, Business Location, Arta Jaya Gapura

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.53514/ir.v1i1.12

Article Metrics

Abstract views: 271 times
PDF Downloaded: 194 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

 

 

 

 

 

 

____________________________

Organized by: Fakultas Teknologi Bisnis dan Sains (FTBS)
Published by: Universitas Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671
Email: lppmstmikdw@dharmawacana.ac.id

Jurnal I-Robot disupport juga oleh:


Web Analytics Made Easy - StatCounter
View IRobot Statcounter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.