PENERAPAN WATERFALL MODEL PADA PERANCANGAN SISTEM PELAYANAN DAN INFORMASI DENGAN PENDEKATAN OOAD MENGGUNAKAN UML

Ridwan Yusuf1* Sita Muharni2 Muhamad Luthfi Hafidz3
(1) STMIK Dharma Wacana Metro
(2) STMIK Dharma Wacana Metro
(3) STMIK Dharma Wacana Metro
(*) Corresponding Author

Abstract

Pelayanan publik berdasarkan standar pelayanan sebagai tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur untuk saat ini dapat dikatakan belum merata, hanya untuk orang-orang tertentu yang mendapatkan akses ini mudah dalam mendapatkan suatu informasi, keberadaan teknologi saat ini menjadi jawaban dalam menyamaratakan suatu kecepatan pelayanan dengan memanfaatkan hasil teknologi internet. Dalam Penelitian ini akan membangun sebuah sistem pelayanan yang terbuka dengan megunakan model pengembangan system waterfall salah satunya jenis model pengembangan aplikasi dan termasuk kedalam classic life cycle (siklus hidup klasik), yang mana menekankan pada fase yang saling berurutan dan sistematic. model pengembangan ini, dapat dilogikakan seperti air terjun, dimana setiap tahap dikerjakan secara berurutan mulai dari awal hingga ke akhir. dan untuk desainnya menggunakan metode OOAD yang merupakan perpaduan antara struktur data dan perilaku dalam satu kelompok menggunakan tool UML yang untuk menggambarkan usecase diagram.

Keywords

OOAD,Waterfall,Pelayanan

Full Text:

PDF

References

Dika Anugerah Pratama, A. Y. (2016). Penerapan sistem sales managemen menggunakan openerp dengan metode rapid application development (study kasus :PT Genta trikarya). e-Proceeding of Engineering, vol., No 2.

Durkin. (201). Sistem Pakar adalah suatu program komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan penyelesaian masalah yang dilakukan seorang pakar.

Errissya. (2017). IMPLEMENTASI SISTEM PENENTUAN SKRIPSI MAHASISWA STIKOM JAMBI DENGAN EM-CLUSTERING DAN NAÏVE-BAYES. PROCESSOR, ISSN: 1907-6738. Vol.12, No.1, April 2017.

Firmansyah, Y., & Udi. (2018). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik. Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika – Vol. 4 No.1 2018, Vol. 4 No.1.

Giap, R. U. (2017). Sistem Pakar Pemilihan Topik Judul Skripsi Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web. Vol 1.

Ginanjar. (2014). halaman web di internet yang memiliki topik saling berkaitan untuk mempresentasikan suatu informasi.

HARYANTO. (2011). DIAGNOSIS DAN PROGOSIS. YOGYAKARTA: CV. BANYU GOLDEN INDONESIA YOGYAKARTA.

Hidayatullah. (2015). Php MyAdmin adalah tool open source yang ditulis dalam bahasa PHP untuk menangani administrasi MySQL berbasis World Wide Web.

Ignizo. (2011). Sistem Pakar adalah suatu model dan prosedur yang berkaitan dalam suatu domain tertentu yang mana tingkat keahliannya dapat dibandingkan dengan keahlian seorang pakar.

Kadir. (2014). istilah web (website). Web adalah sistem pengakses informasi dalam internet.

Kadir, A. (2009). Membuat Aplikasi Web Dengan PHP+Database MySQL.

Kerendi, D. d. (2015). XAMPP adalah salah satu aplikasi web server apache yang terintegrasi dengan mysql dan php myadmin.

Muhammad, I. D. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Knsentrasi Jurusan menggunakan Fuzzy.

Noertjahyana, A. (2002). STUDI ANALISIS RAPID APLICATION DEVELOPMENT SEBAGAI. JURNAL INFORMATIKA, Vol. 3, No. 2.

Riley, G. d. (2011). Sistem Pakar adalah suatu sistem komputer yang bisa menyamai atau meniru kemampuan seorang pakar.

ROSADA, D. U. (2016). DIAGNOSIS OF LEARNINGDIFFICULTIES AND GUIDANCE LEARNINGSERVICES TO SLOW LEARNER STUDENT. Journalof Guidance and Counselin, 2442-7802.

Salahuddin, R. d. (2015). Blackbox testing yaitu menguji perangkat lunak dari segi spesifikasi fungsional tanpa menguji desain dan kode program.

Saputra, I. P. (2014 ). Menyatakan Adobe Dreamweaver CS3 merupakan HTML editor professional yang berfungsi mendesain, melakukan editing dan mengembangkan aneka website.

Suharto. (2012). internet menggunakan TCP/IP sebagai protocol sedangkan web menggunakan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol).

Susi Susilowati, M. T. (2018). Implementasi model rapid aplication development (rad) dalam perancangan aplikasi e-marketplace. Jurnal TECHNO Nusa Mandiri, P-ISSN: 1978-2136 | E-ISSN: 2527-676X. Vol. 15, No. 1.

Sutojo. (2011). Sistem pakar, Definisi sistem pakar, Konsep sistem pakar, Struktur sistem pakar, UML.

Umagapi, D. (2017). “Hypertext Markup Language” (HTML) adalah bahasa standard yang digunakan untuk menampilkan halaman web".

Adi Nugroho (2011) MySQL (My Structured Query Language) adalah: “ Suatu sistem basis data relation atau Relational Database managemnt System (RDBMS).

Ardhana (2012:88), ”PHP atau Pesonal Home Page merupakan bahasa pemrograman berbasis server-side yang dapat melakukan parsing script php menjadi script web sehingga dari sisi client menghasilkan suatu tampilan yang menarik.

Angguna Putra Yordan, A. Andi Gani Yuli, Sarwono, Jurnal Administrasi Publik (Jap), Vol. 3, No.1, Hal. 80-88| 80 upaya Pengembangan E-Governmentdalam Pelayanan Publik Pada Dinas Koperasi Dan Ukm Kota Malang.

Dengen,( 2009:48). Konsep Dasar Sistem informasi Definisi Sistem Informasi menurut Azhar Susanto (2008).

Gata, Windu Dan Gata, Grace. (2013). Sukses Membangun Aplikasi Penjualan Dengan Java. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Pressman (2015:42) Definisi metode waterfall atau air terjun adalah model pengembangan sistem yang dilakukan secara sistematis atau berurutan.

Mariono Magister Subiono Jurnal TKP Vol.2 Hal 20 Kebijakan Publik Universitas Airlangga SurabayaE-Government dalam pelayanan publik Kabupaten Sidoarjo.

Nurbudilestari, 2016 E-goverment adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis.

Yogianto (2009,34), pendekatan dalam mendefinisikan sistem, dikutip dalam (Mustikowati, Purnama, & Sukadi, 2012).



DOI: https://doi.org/10.53514/ir.v2i1.154

Article Metrics

Abstract views: 363 times
PDF Downloaded: 206 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

 

 

 

 

 

 

____________________________

Organized by: STMIK Dharma Wacana
Published by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M)
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671
Email: lp3m.stmik@dharmawacana.ac.id

Jurnal I-Robot disupport juga oleh:


Web Analytics Made Easy - StatCounter
View IRobot Statcounter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.