SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN LADA

Budi Sutomo1* M Nur Ikhsanto2 Kholik Hidaya tullah3
(1) STMIK DHARMA WACANA
(2) STMIK DHARMA WACANA
(3) STMIK DHARMA WACANA
(*) Corresponding Author

Abstract

Lada merupakan sebuah tanaman yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak juga pati. Lada bersifat sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Object Oriented Software Engineering (OOSE) yang terdiri dari pengumpulan data, analisis, desain, pengkodean dan pengujian. Metode Defth First Search (DFS) ini dipilih karena metode ini menentukan cara atau obat apa yang sangat penting dibutuhkan ketika tanaman lada terserang hama penyakit, kemudian dilanjutkan dengan proses pertanyaan (fakta-fakta) dengan gejala–gejala yang akan menyeleksi solusi terbaik dari sejumlah solusi. Dengan adanya sistem pakar berbasis website ini, bisa mempermudah petani mendapatkan pelayanan informasi diagnosa penyakit pada tanaman lada untuk pencegahan awal sebelum petani mendatangkan penyuluh dari dinas pertanian, serta lebih efisien waktu.

Keywords

Depth First Search (DFS), Lada, website

Full Text:

PDF

References

Deki Prianto, Fauziah, Endah Tri Esti Handayani –. “Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Tanaman Lada Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Android”. 2019 -Universitas Nasional

Kadek Eko Darsana, Candra Ahmadi, I Gusti “ Sistem Pakar Untuk Diagnosa Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Lada Dengan Metode Certainty Factor” 2015 - Universitas Ahmad Dahlan.

Tuswanto, Abdul, Fadlil –“ Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Tanaman Bawang Merah Menggunakan Certainty Factor” 2013 - Universitas Ahmad Dahlan.

Suryo SumpenoEmilya Uy Artha Ardhin Primadewi – “Tingkat Kepastian Certainty Factor Hasil Diagnosis Sistem Pakar Gangguan Tanaman Padi” 2017 -Universitas Muhammadiyah Magelang.

Ni’matuljannah Akhsan, Albert Patangke “Intensitas Penyakit Busuk Pangkal Batang Pada Tanaman Lada Di Desa Batuah Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara”.

Abdul Munif , Ita Sulistiawati “(Pengelolaan Penyakit Kuning pada Tanaman Lada” (Volume 10, Nomor 1, Februari 2014 Halaman 8–16 DOI: 10.14692/jfi.10.1.8 ISSN: 2339-2479).

Irwan Lakani, Samsudin, Sukamto “Penularan Penyakit Kerdil Pada Tanaman Lada Oleh Tiga Jenis Serangga Vektor Rodiah Balfas” (Jurnal Littri 13(4), Desember 2007. Hlm. 136 – 141 ISSN 0853-8212).

Normawardah, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Tanaman Jagung Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web” - 2019 - Institut Teknologi Nasional Malang.

Ardimansyah, “Aplikasi Berbasis Mobile untuk Pencarian Rute Angkutan Umum Kota Makassar Menggunakan Algoritma Defth First Search” 2017 -STMIK Dipanegara Makassar.

Deffy Susanti, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Mangga Dengan Algoritma Depth First Search Berbasis Mobile” 2017 - Universitas Majalengka.

Hariyanto, A., dkk, “Sistem Diagnosa Hama Dan Penyakit Tanaman Kopi Menggunakan Backward Chaining” - 2015- STMIK AMIKOM Yogyakarta.



DOI: https://doi.org/10.53514/ir.v3i1.174

Article Metrics

Abstract views: 811 times
PDF Downloaded: 410 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

 

 

 

 

 

 

____________________________

Organized by: STMIK Dharma Wacana
Published by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M)
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671
Email: lp3m.stmik@dharmawacana.ac.id

Jurnal I-Robot disupport juga oleh:


Web Analytics Made Easy - StatCounter
View IRobot Statcounter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.