RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN IMLA’ PADA MATERI PENULISAN HAMZAH BERBASIS ANDROID

Mezan el-Khaeri Kesuma1* Ahmad Basyori2 Ahmad Zaki Alhafidz3
(1) UIN Raden Intan Lampung
(2) UIN Raden Intan Lampung
(3) UIN Raden Intan Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract

Dewasa ini berkembangnya teknologi dan media di dunia pendidikan sebuah keharusan. Kesulitan siswa dalam belajar dan menulis Bahasa arab (imla’) khususnya materi hamzah. Tujuannya diantaranya: (1) siswa dapat terbantu, mudah, serta termotivasi dalam kegiatan belajar; (2) media pelajaran dapat dikembangkan dan sebagai salah satu refrensinya; (3) sebagai saran dan masukan di penelitian selanjutnya bagi media pembelajaran secara umum dan bahasa arab khususnya. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dan desain media pembelajarannya menggunakan ADDIE. Hasil dari penelitian ini adalah (1) rancang bangun media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan pada pelajaran imla’ dengan materi hamzah dapat dikatakan “layak” untuk diterapkan di SMP IT Al-Farabi. (2) siswa menjadi tidak bosan dan jenuh, mudah mmahami materi, latihan menulis Imla’ pun dapat diperiksa secara langsung. Penulis berharap media pembelajaran ini dapat dikembangkan oleh penelitian selanjutnya. Sehingga dapat dibuat versi legalnya dengan materi-materi imla’ yang lebih lengkap.

Keywords

Android, Hamzah, Imla’, Media Pembelajaran, Rancang Bangun

Full Text:

PDF

References

Anggara, S. A. (2017). Penerapan Model Project Based Learning Arabi : Journal of Arabic Studies. Arabi : Journal of Arabic Studies, 2(2), 186–196.

Asyhari, A., Sagala, R., & Kendedes, I. (2017). Respon Pondok Pesantren Diniyyah Putri Terhadap Modernisasi Pendidikan Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 232–242. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i2.1505

Ernawati. (n.d.). Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Arab Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Kelas X IIS 4 MAN 2 Bengkulu.

Kesuma, G. C., & Fauziyah, A. (2016). Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan. Al-Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 8(2), 33–52. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/albayan.v8i2.363

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Latuconsina, Noviyanti, S., & Susiawati. (2019). Perspektif Mahapeserta didik Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar Terhadap Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Keterampilan Menulis. Peran Penelitian dalam Menunjang Percepatan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia, 54.

Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal KARINOV, 2(3), 181. https://doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184

Prasetiyo, N. D. (2017). Game Arcade Shooter Hero Dengan Fitur Quiz Huruf Hijaiyah. J-INTECH, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Putri, W. N., & Billah, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berwawasan Sains Berbasis Mobile Android. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3(2), 163–179. https://doi.org/10.18326/lisania.v3i2.163-179

Rahmi, N. (2018). Pengembangan Materi Qawa’id Al Imla’ sebagai Penunjang Matak Kuliah Kitbah I (Studi pada Mahasiswa Jurusan PBA Fakultas Tarbiyah IAIN Metro). An-Nabighoh, 20(01), 111–128.

Sadjad, A. (2019). Pembelajaran Aktif Melalui Metode Imla’ Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Arab Pada Peserta didik Kelas VIIA SMPN 2 Tulakan Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/ 2019. FLEPS 2019 - IEEE International Conference on Flexible and Printable Sensors and Systems, Proceedings, 6.1, 1(1), 1–46. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.surfcoat.2019.125084

Senie Destya, R. I. A. P. (2016). Penerapan Konsep Gamifikasi pada Perancangan Aplikasi Pembelajaran Al-Qur’an. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016 (hal. 37–42).

Sulton, R., Tholib, A., & Probolinggo, P. (2016). Pengembangan Permainan Edukatif Untuk Anak-Anak. Sentia, 8, 87–92.



DOI: https://doi.org/10.53514/ir.v5i1.203

Article Metrics

Abstract views: 946 times
PDF Downloaded: 1101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

 

 

 

 

 

 

____________________________

Organized by: STMIK Dharma Wacana
Published by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M)
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671
Email: lp3m.stmik@dharmawacana.ac.id

Jurnal I-Robot disupport juga oleh:


Web Analytics Made Easy - StatCounter
View IRobot Statcounter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.