PENERAPAN SISTEM PAKAR BIMBINGAN KONSELING PADA SMK MUHAMMADIYAH 3 METRO

sidik kosasih1* Untoro Apsiswanto2 M. Adie Syaputra3
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Bimbingan konseling sangat diperlukan terutama dalam membantu siswa untuk menghadapi permasalahan yang dialami. Jumlah siswa yang banyak berbanding dengan sedikitnya guru BK sehingga tidak semua siswa bisa mendapatkan bimbingan konseling. Dengan penerapan sistem pakar bimbingan konseling membantu guru BK mengetahui bidang masalah yang dialami oleh siswa. Tujuan penelitian untuk menganalisa kebutuhan sistem diagnosa bimbingan konseling yang akan di bangun menggunakan metode certainty factor, menerapkan hasil analisa kedalam sebuah rancangan sistem diagnosa permasalahan pada siswa SMK Muhammadiyah 3 Metro dan menerapkan hasil rancangan kedalam sistem berbasis web. Metode yang digunakan adalah metode Certainty Factor (CF) untuk mengukur nilai kepastian/ketidakpastian. Metode teknik desain perangkat lunak yang digunakan dalam perancangan sistem ini menggunakan metode OOSE yang tahapannya terdiri dari  requirement, analisis, desain, implementasi dan testing. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, dan database MySQL. Aplikasi ini mampu mengenali 3 bentuk masalah diantaranya, masalah pribadi, masalah penyesuaian sosial dan masalah akademik.

Keywords

Sistem pakar, bimbingan konseling, certainty factor

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.53514/ir.v6i2.335

Article Metrics

Abstract views: 337 times
PDF Downloaded: 285 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

 

 

 

 

 

 

____________________________

Organized by: Fakultas Teknologi Bisnis dan Sains (FTBS)
Published by: Universitas Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671
Email: lppmstmikdw@dharmawacana.ac.id

Jurnal I-Robot disupport juga oleh:


Web Analytics Made Easy - StatCounter
View IRobot Statcounter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.