SISTEM INFORMASI PENGADUAN DAN ASPIRASI MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE WATERFALL DI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KEEROM

Beti Dela Elisabeth1*
(1) Universitas Sepuluh Nopember Papua
(*) Corresponding Author

Abstract

Pengelolaan pengaduan dan aspirasi masyarakat di Sekretariat Daerah Kabupaten Keerom selama ini masih dilakukan secara manual, sehingga kurang efisien dan minim transparansi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi pengaduan dan aspirasi masyarakat berbasis web guna meningkatkan efektivitas layanan publik. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah Waterfall, yang terdiri dari tahapan analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Sistem dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah sistem berbasis web yang memungkinkan masyarakat untuk menyampaikan laporan secara daring dan memantau statusnya secara real-time dengan menampilkan halaman utama, halaman logi, menu pengaduan dari masyarakat dan pendaftaran.. Pengujian menggunakan metode blackbox testing menunjukkan seluruh fitur berjalan sesuai fungsinya. Sistem ini diharapkan mampu meningkatkan transparansi, efisiensi, dan partisipasi publik dalam pengelolaan layanan pemerintah daerah

Keywords

Sistem_Informasi, Pengaduan_Masyarakat, Waterfall

References

Erlangga, A., Hadi, A. and Syahputra, M. (2023) ‘Sistem Informasi Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Dikantor Dinas Sosial Kabupaten Pasaman Barat’, Jurnal Sains dan Teknologi Informatika, 1(1).

Ikhwan, A. and Lubis, D.A.P. (2023) ‘Perancangan Sistem Informasi Laporan Pengaduan Masyarakat Berbasis WEB pada Dinas ESDM SUMUT’, Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 2(1), pp. 1–13. Available at: https://doi.org/10.56211/helloworld.v2i1.193.

Kistyawati, D. and Wijayanti, E. (2022) ‘Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web (Studi Kasus: Kantor Balai Desa Karangrowo)’, Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 3(2), pp. 46–51. Available at: https://doi.org/10.24176/ijtis.v3i2.7678.

Rio, Rio and Marsehan, A. (2023) ‘Perancangan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Mobile Menggunakan Metode Waterfall’, Jurnal Komputer dan Teknologi, pp. 43–50. Available at: https://doi.org/10.58290/jukomtek.v1i2.67.

Rio, Rendra and Marsehan, A. (2023) ‘Perancangan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Mobile Menggunakan Metode Waterfall’, Jurnal Komputer dan Teknologi, 1(2), pp. 43–50.

Sinaga, F.S. et al. (2025) ‘Aplikasi Sistem Penggajian Karyawan Pada CV Indah Jaya Motor Palembang’, International Research on Big Data and Computer Technology, 9. Available at: https://doi.org/10.53514/ir.v9i1.628.

Taufik Aufa, M., Jasmir, J. and Rohaini, E. (2024) ‘Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Kelurahan Bagan Pete Kota Jambi Berbasis Website’, Jurnal Informatika Dan Rekayasa Komputer (JAKAKOM) , 4(1). Available at: https://doi.org/10.33998/jakakom.v4i1.

Zunidar, Z. and Wiyono, N. (2023) ‘Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Di Kecamatan Rajeg Berbasis Web’, Jurnal Manajemen Informatika Jayakarta, 3(1). Available at: https://doi.org/10.52362/jmijayakarta.v3i1.1018



DOI: https://doi.org/10.53514/ir.v9i2.638

Article Metrics

Abstract views: 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

 

 

 

 

 

 

____________________________

Organized by: Fakultas Teknologi Bisnis dan Sains (FTBS)
Published by: Universitas Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671
Email: lppmstmikdw@dharmawacana.ac.id

Jurnal I-Robot disupport juga oleh:


Web Analytics Made Easy - StatCounter
View IRobot Statcounter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.