APLIKASI GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK BALITA

Untoro Apsiswanto1* Usep Saprudin2 Abi Febriyanto3
(1) STMIK Dharma Wacana
(2) STMIK Dharma Wacana
(3) STMIK Dharma Wacana
(*) Corresponding Author

Abstract

Usia balita merupakan masa menerapkan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral dan nilai-nilai agama. Upaya pengembangan tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan bermain seraya belajar. Alternatif media tersebut diantaranya yaitu Game edukasi pada smartphone atau tablet dengan sistem operasi Android. Game edukasi merupakan bentuk permainan yang dirancang sebagai sarana untuk memberikan suatu pendidikan atau pembelajaran kepada pemainnya. Metode pengembangan aplikasi perangkat lunak yang digunakan pada penelitian ini adalah Rapid Application Development (RAD) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Requirements Planning Phase, User Design Phase, Construction Phase dan Cotuver Phase. Game edukasi ini memiliki 3 menu yaitu belajar, bermain dan info aplikasi, dimana setiap menu memiliki beberapa submenu

Keywords

Game Edukasi, Balita, Rapid Application Development

Full Text:

PDF

References

Muhammad Rahman Koestanto, (2019). "Perancangan Aplikasi Game Psikotes Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Application Development (Rad)".

Ridwan Arif Rahman And Dewi Tresnawati, (2020). "Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia," Jurnal Algoritma.

Fahrur Rozi And Khalimatul Khomsatun, (2019). "Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Warna Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Menggunakan Adobe Flash Berbasis Android," Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika.

Dwi Songgo Panggayudi, Wardah Suweleh, And Pramudana Ihsan, (2017). "Media Game Edukasi Berbasis Budaya Untuk Pembelajaran Pengenalan Bilangan Pada Anak Usia Dini," Journal Of Mathematics Education, Science And Technology.

Saptiyanti Sulistioningsih And Fatah Yasin Al Irsyadi, (2018). "Game Edukasi Pengenalan Flora Dan Fauna Berbasis Multimedia Untuk Anak Usia Dini 3-5 Tahun," Jurnal Mitra Pendidikan.

John Roni Coyandra, Irawan, And Juhaini Alie, (2016). "Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Bahasa Inggris Berbasis Android Untuk Anak Usia Dini," Jurnal Ilmiah Informatika Global.

Muzliah Rizka Hamadi, Arie S. M. Lumenta, And Muhamad D. Putro, (2017). "Rancangan Bangun Aplikasi Game Edukasi Hafalan Doa Agama Islam," E-Jurnal Teknik Informatika, Vol. Xii.

Adi Joko Purnomo, (2017). "Aplikasi Game Edukasi Untuk Anak Tingkat Sekolah Dasar," Skripsi.

Talizaro Tafonao, (2018). "Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa," Jurnal Komunikasi Pendidikan.

Suendri, (2018). "Implementasi Diagram Uml (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle," Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika.

A. Prasita Nugroho, Erri Wahyu Puspitarini Dian Wahyu Putra, (2016). "Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini," Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan.

Suyitno, (2016). "Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk," Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan.

Team Dosen, (2017). “Buku Panduan Tugas Akhir STMIK Dharmawacana”.



DOI: https://doi.org/10.53514/ir.v3i1.81

Article Metrics

Abstract views: 1570 times
PDF Downloaded: 408 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

 

 

 

 

 

 

____________________________

Organized by: Fakultas Teknologi Bisnis dan Sains (FTBS)
Published by: Universitas Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671
Email: lppmstmikdw@dharmawacana.ac.id

Jurnal I-Robot disupport juga oleh:


Web Analytics Made Easy - StatCounter
View IRobot Statcounter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.