Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media Digital untuk Anak Usia Dini

Ning Setio Wati1* Aria Septi Anggaira2 Yeasy Agustina Sari3 Andianto Andianto4
(1) Institut Agama Islam Negeri Metro
(2) Institut Agama Islam Negeri Metro
(3) Institut Agama Islam Negeri Metro
(4) Institut Agama Islam Negeri Metro
(*) Corresponding Author

Abstract

Kegiatan pendampingan pembelajaran bahasa inggris dengan menggunakan media digital untuk anak usia dini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan ketrampilan dan kemampuan dalam pembelajaran bahasa inggris untuk anak-anak usia dini yang dikemas dengan menggunakan media digital. Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dilakukan oleh 4 tim pendampingan dalam 10 kali pertemuan. Dalam 10 kali pertemuan dibagi menjadi 3 sesi yaitu, pra-survey, proses belajar, dan laporan akhir. Metode dari kegiatan pelatihan dan pendampingan ini berbentuk pengajaran bahasa Inggris dengan tahapan lecturing dan questioning and practicing. Hasil dari pelatihan dan pendampingan ini adalah 12 peserta dari 17 peserta sudah mampu mengeja, mengucapkan dan menyusun kalimat dalam berbahasa inggris. Sementara itu, 5 peserta lainya masih membutuhkan waktu lebih untuk belajar bahasa inggris dikarenakan usia masih 3-4 tahun.

Keywords

Pengabidan Masyarakat, Pendampingan; Pelatihan; Bahasa Inggris; Media Digital.

Full Text:

PDF

References

Fauziati, E.-. (2020). Strategi Komunikasi Code Switching oleh Pembelajar Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing. Jurnal VARIDIKA, 32(1), 1–15. https://doi.org/10.23917/varidika.v32i1.10741

J.M, A. (1990). Beginning to read: Thinking and Learning about Print. MA: MIT Press.

Küçükler, H., & Kodal, A. (2018). Foreign Language Teaching in Over-Crowded Classes. English Language Teaching, 12(1), 169. https://doi.org/10.5539/elt.v12n1p169

Mazhabi, Z. (2019). PENGAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA DINI BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 50. https://doi.org/10.33474/thufuli.v1i2.4940

Mudra, H. (2020). Digital Literacy among Young Learners: How Do EFL Teachers and Learners View Its Benefits and Barriers? 22.

T., I., K., K., S.J.D., L., E.G., R., H., S., & J.D., B. (1999). Japanese Language Needs Analysis.

T, N. F., Saleh, S., Arhas, S. H., Haerul, H., & Nasaruddin, N. (2019). Utilization of Learning Media in Digital Simulation Subjects. Jurnal Office, 5(1), 79. https://doi.org/10.26858/jo.v4i2.9806

Temizkan, M. (2010). Developing creative writing skills in Turkish language education. Studies of Turkishness Science, 27(27), 621–643.

Webb, A., & Moallem, M. (2016). Feedback and Feed-Forward for Promoting Problem-Based Learning in Online Learning Environments. 13(2), 41.



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v2i1.179

Article Metrics

Abstract views: 397 times
PDF Downloaded: 390 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.