PELATIHAN PEMBUATAN KUIS ONLINE DI SMAN 1 RUMBIO JAYA KAMPAR

Fitriani Fitriani1* Zakir Has2 Purba Andy Wijaya3 Wiwin Setiawati4 Siti Cholijah5 Sukarni Sukarni6
(1) Universitas Islam Riau
(2) Universitas Islam Riau
(3) Universitas Islam Riau
(4) Universitas Islam Riau
(5) Universitas Islam Riau
(6) Universitas Islam Riau
(*) Corresponding Author

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pada guru-guru di SMA Negeri 1 Rumbio Jaya, agar dapat membuat soal dan kuis online, sehingga proses penilaian dan evaluasi selama pandemi covid tetap bisa dilaksanakan dengan baik. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilakukan pada bulan September 2021, bertempat di ruang rapat SMAN 1 Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar, Riau. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan dengan 3 tahap, yaitu tahap observasi, tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Berdasarkan hasil kegiatan dapat disimpulkan bahwa pelatihan pembuatan kuis online dengan bantuan google form sangat membantu para guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran, dan tidak sulit untuk digunakan guru. Dengan menggunakan google form, guru dan siswa juga dapat membuat soal, menjawab dan mengerjakan soal dimanapun. Dari hasil kegiatan ini, saran yang dapat diberikan untuk guru yaitu sebaiknya guru membuat kuis online secara bervariatif, agar siswa tidak merasa jenuh dengan bentuk soal yang selalu sama.

Keywords

Kuis online, google form

Full Text:

PDF

References

Bahar, A. (2019). 7 Platform terbaik untuk membuat kuis pembelajaran bagi guru. Ahzaa.Net. https://www.ahzaa.net/2019/09/7-platform-terbaik-untuk-membuat-kuis.html

Bao, W. (2020). COVID‐19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University. Hum Behav & Emerg Tech, 2(2).

Fitriani, F., Nurhuda, N., & Ina, A. I. 2021. Improving students’ activeness and critical thinking skills through problem based learning. Journal of Science and Education (JSE), 2(1), 19-29.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya Study From Home (SFH) selama pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3).

Istinggofaroh. N, & Fitriani. (2021). Pengaruh kemandirian dalam mengerjakan tugas dan keaktifan terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Batang Cenaku. PEKA, 9(1).

Murni, A. W., Noviyanti, M., & Utami, A. D. W. (2020). Peningkatan kemampuan membuat kuis online guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Islam Wonokalang Wonoayu Sidoarjo melalui pelatihan aplikasi kuis interaktif berbasis quizizz. Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2).

Sholichin, M., Zulyusri, & Lufri, A. R. (2021). Analisis kendala pembelajaran online selama pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Bayung Lencir. Jurnal Biodik, 7(2).

Syahputra, A. & Maulidia, R. (2021, Juni). Pelatihan Penggunaan Google Classroom Untuk Proses Pembelajaran E – Learning di Perguruan Islam Miftahul Husna. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 2(1): 43-48.

Wahyuni, S. E., Widiyatun, F., Widyasari, H., & Suharmanto, P. (2019). Peningkatan semangat belajar dengan peta konsep dan media pembelajaran menggunakan program mindmapple. Jurnal ETHOS, 7(2).



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v2i2.247

Article Metrics

Abstract views: 230 times
PDF Downloaded: 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.