Nyaman Belajar Semangat untuk Sekolah (Penerapan Ergonomi pada Siswa Sekolah Dasar)

Novrikasari Novrikasari1 Mona Lestari2* Desheila Andarini3 Anita Camelia4 Adisyah Fitrah Rahmadini5
(1) Universitas Sriwijaya
(2) Universitas Sriwijaya
(3) Universitas Sriwijaya
(4) Universitas Sriwijaya
(5) Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author

Abstract

Proses pembelajaran tidak hanya memperhatikan kurikulum yang diajarkan, tetapi seluruh fasilitas yang digunakan juga menjadi aspek penting yang akan berpengaruh dalam keberhasilan pendidikan. Salah satunya adalah peralatan belajar seperti meja dan kursi karena siswa menghabiskan 80% dari waktu proses belajar dalam posisi duduk. Anak-anak menggunakan meja dan kursi disekolah selama kurang lebih 6 jam selama 6 hari dalam seminggu. Jika sikap duduk anak tidak benar seperti terlalu membungkuk, maka pertumbuhan tulang belakang anak dapat terganggu. Jika perangkat penunjang pembelajaran tidak memperhatikan prinsip ergonomis akan menimbulkan dampak negatif pada siswa, seperti cepat merasa lelah nyeri dan keluhan-keluhan muskuloskeletal. Peserta pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini 21 orang siswa SD Negeri Lubuk Rumbai. Hasil kegiatan menunjukkan pada seluruh responden, tingkat risiko yang dialami responden seluruhnya berada pada rentang 0-20, dimana artinya pada skala tersebut kategori tingkat risiko berada dalam kategori rendah sehingga belum diperlukan adanya tindakan perbaikan. Namun beberapa responden merasakan sakit dan agak sakit pada bagian tengkuk, pinggul, lengan atas, bahu, dan betis. Pihak sekolah perlu memperhatikan seluruh aspek perangkat pendukung pembelajaran di ruang belajar agar tidak menyebabkan keluhan muskuloskeletal pada siswa. Tidak hanya itu, guru juga dapat menerapkan peregangan sebelum belajar untuk mencegah terjadinya kejadian musculoskeletal disorders pada siswa.

Keywords

Ergonomi, Muskuloskeletal, Sekolah Dasar, Siswa

Full Text:

PDF

References

Castelluci, H. ., Arezes, P. M. dan Viviani, C. A. (2010). Mismatch between classroom furniture and anthropometric measures in Chilean schools, Applied Ergonomics, 41(4), 563–568.

Chiu, Chung Chia, Shiang, Wei-Jung, Lin, Chiuhsiang Joe. (2012). A Study of desk and chair design for elementary school children. In Proceeding of Second International Conference of Southeast Asian Network of Ergonomics Societies, 9-12 July 2012. Langkawi: Damai Sciences

Harahap, P., Huda, L. N. dan Pujangkoro, S. A. (2013). Analisis Ergonomi Redesain Meja Dan Kursi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Industri USU, 3(2), pp. 38–44.

Masruri, A.A dan Patradhiani, R. (2019). Faktor Ergonomi Terkait Kenyamanan Ruang Kelas Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang. Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 4(1), 40-48.

Musa, A. I., Ismaila, S. B., Adejuyigbeb, S. O. Akinyemic,O.D. (2011). Ergo-effects of designed school furniture and sitting positions on students' behaviour and musculo-skeletal disorder in Nigerian tertiary institutions. Management Science Letters, 1(3), 331-334.

Rosyidi, C.N, Susmartini, S, Purwaningrum, L, Muraki, S. (2014). Mismatch Analysis of Elementary School Desk and Chair Key Characteristics in Indonesia. In Applied Mechanics and Materials, 660(1), pp. 1057-1061.

Sari, R A dan Swara S E. (2014). Analisis Penggunaan Bangku Sekolah Ukuran Fixed dan Adjustable untuk anak sekolah dasar. Jemis, 2(1), 50-58.

Supriyanto, E. (2012). Rancangan Meja Dan Kursi Belajar Siswa Berbasis Ergonomi Pada Kelompok Umur 6 – 8 Tahun Untuk Meningkatkan Kenyamanan Belajar Di SD Negeri Gonilan 02 Kabupaten Sukoharjo. Fakultas Kesehatan Masyarakat: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yulianingtyas, R. A dan Haqi, D. N. (2021).Perancangan Meja dan Kursi Sekolah berdasarkan Antropometri Siswa Sekolah Dasar di Surabaya. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 10(1), 97-104.

Zadry, Hilma Raimona, Rahmayanti, Dina Riski, Hayattul, Meilani, Difana Susanti, Lusi (2017). Furnitur Ergonomis untuk Siswa Sekolah Dasar Usia 6-10 Tahun, Prosiding SNTI dan Satelit. Malang: Jurusan Teknik Industri Universitas Brawijaya.



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i2.278

Article Metrics

Abstract views: 852 times
PDF Downloaded: 353 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.