Penerapan Data Mining Untuk Akurasi Analisis Cuaca di Australia Menggunakan Algoritma J48 Decision Tree

Freyza Fachrurrozi Kusuma1*
(1) Universitas Mercu Buana
(*) Corresponding Author

Abstract

Cuaca merupakan suatu kondisi udara pada waktu dan wilayah tertentu. Setiap wilayah memiliki kondisi cuaca yang berbeda-beda, tergantung dari letak geografis dan iklim wilayahnya. Cuaca dapat mempengaruhi kegiatan atau aktivitas manusia. Walaupun demikian, cuaca cenderung datang dan berubah-ubah secara tiba-tiba. Hal ini dapat mengakibatkan beberapa orang tidak siap akan datangnya cuaca pada saat itu. Salah satu cara untuk menghindari hal itu adalah dengan cara memprediksi cuaca. Dengan adanya permasalahan tersebut, penulis bertujuan untuk melakukan penelitian untuk mengatasi permasalahan ini secara menyeluruh. Penelitian ini melibatkan data-data kondisi cuaca berdasarkan variabel-variabel tertentu. Data tersebut diambil dari banyak kota di Australia dengan periode tahun 2007 – 2017. Data tersebut dikumpulkan dari sumber yang terpercaya. Data tersebut merupakan data klasifikasi, dengan output variabel target “yes” dan “no”. Sehingga algoritma yang digunakan untuk penelitian ini adalah algoritma J48. Algoritma J48 merupakan versi pengembangan dari algoritma konvensional pohon keputusan atau decision tree yang dipakai di banyak penelitian, yaitu ID3. Algoritma tersebut dinilai sesuai dengan data yang tersedia dan dapat membantu menjawab permasalahan ini. Penelitian ini menggunakan aplikasi Weka.

Keywords

Cuaca, Algoritma J48, Pohon Keputusan, Data Mining, Weka.

Full Text:

PDF

References

Elyas, H.A., J. Prayoga (2020), Implementasi Data Mining Pola penjualan Sparepart Motor Honda Pada PT Rotella Persada Mandiri Dengan Menggunakan Algoritma Apriori, Journal of Information System, Computer Science and Information Technology, Vol 1 No 1, Juni 2020.

Saputra, A.Y., Y. Primadasa (2018), Penerapan Teknik Klasifikasi Untuk Prediksi Kelulusan Mahasiswa Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbour, Techno.COM, Vol 17 No 4 Hal 395 – 403, November 2018.

Syamsu, S., Muhajirin, N.S. Wijaya (2019), Rules Generation Untuk Klasifikasi Data Bakat dan Minat Berdasarkan Rumpun Ilmu, Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, Vol 9 No 1, Hal 40 – 51, Juni 2019.

Agustiani, S., A. Mustopa, A. Saryoko, W. Gata, S.K. Wildah (2020). Penerapan Algoritma J48 Untuk Deteksi Penyakit Tiroid, Paradigma – Jurnal Informatika dan Komputer, Vol 22 No 2, September 2020.

Novandya, A. (2017). Penerapan Algoritma Klasifikasi Data Mining C4.5 Pada Dataset Cuaca Wilayah Bekasi. Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (KNIST).

A. Joshi, B. K. (2015). Weather Forecasting and Climate Changing Using Data Mining Application Rain Effects on Speed, Int. J. Adv. Res. Comput. Commun. Eng., 19–21.

Larose, D. T. (2006). Data Mining Methods and Models. New Jersey: John Wiley & Sons, inc.

J. Han, M. K. (2012). Data Mining Concepts and Techniques 3rd Edition. USA: Morgan Kauffman.

https://www.cs.waikato.ac.nz/ml/weka/.



DOI: https://doi.org/10.53514/jco.v3i2.396

Article Metrics

Abstract views: 111 times
PDF Downloaded: 74 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.53514/jco.v3i2.396.g241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________ 

Journal Computer Science and Informatic Systems:J-Cosys
ISSN 2776-9690 (online)
Managed by: Research and Community Service Institute
Published by: STMIK Dharma Wacana Metro
W: https://e-jurnal.dharmawacana.ac.id/index.php/JCO
E: lp3m.stmik@dharmawacana.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons License