Analisis Kualitas Website Layanan Manajemen Informatika Polsri Berdasarkan Persepsi Pengguna Dengan Metode Webqual 4.0 Dan IPA

Krisna Natawijaya1* Fitrianto Puja Kusuma2
(1) Politeknik Negeri Sriwijaya
(2) Politeknik Negeri Sriwijaya
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan website manajemen informatika politeknik negeri sriwijaya berdasarkan tingkat performance dan importance persepsi user. Kualitas layanan tersebut dapat diukur dengan beradasarkan dimensi pada WebQual 4.0 yaitu: usability, information quality, Service interaction quality dan overall impression. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu tahap penelitian yang di deskripsikan menjadi beberapa bagian,penentuan metode penelitian dan analisis pengolahan data. Sampel digunakan sebagai pengumpulan data sebanyak 120 orang data yang diukur di analisis dengan menggunakan uji validitasi, uji reliabilitas, dan Importance performance analysis. Dari hasil penelitian didapati selisi perspektif dari penilian kualitas layanan website MI-Polsri bernilai positif sebesar 0.291,Hasil ini menunjukkan bahwa kinerja dari mutu website termasuk katagori mampu memenuhi kepentingan dari para pengguna

Keywords

WebQual, Importance Performance Analysis, website Quality

Full Text:

PDF

References

Athallah, M. A., & Kraugusteeliana, K. (2022). Analisis Kualitas Website Telkomsel Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis. CogITo Smart Journal, 8(1), 171-182.

Gata, W. (2017). ANALYSIS OF INFORMATION SYSTEM QUALITY OF SERVICE ON BSI ACADEMY'S ENVIRONMENT USING WEBQUAL METHODS, IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS AND FISHBONE. Journal of Theoretical & Applied Information Technology, 95(2)

Hermanto, A., Supangat, S., & Mandita, F. (2017). Evaluasi Usabilitas Layanan Sistem Informasi Akademik Berdasarkan Kombinasi ServQual dan Webqual Studi Kasus: SIAKAD Politeknik XYZ. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 3(1), 33-39

Manik, A., Salamah, I., & Susanti, E. (2017). Pengaruh Metode Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal Elektro dan Telekomunikasi Terapan (e-Journal), 4(1), 477-477.

Sari, C. L., & Wibowo, S. (2017). Analisis Kualitas Website Udata. id Telkom Digital Service Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis (ipa)(studi Kasus Pada Pengunjung Website Udata. id Divisi Digital Service) 2017. eProceedings of Applied Science, 3(2).

Indrajaya, D. (2018). Analisis kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen menggunakan metode importance performance analysis dan customer satisfaction index pada UKM gallery. IKRA-ITH Teknologi Jurnal Sains dan Teknologi, 2(3), 1-6



DOI: https://doi.org/10.53514/jco.v3i1.494

Article Metrics

Abstract views: 61 times
PDF Downloaded: 35 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.53514/jco.v3i1.494.g295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________ 

Journal Computer Science and Informatic Systems:J-Cosys
ISSN 2776-9690 (online)
Managed by: Research and Community Service Institute
Published by: STMIK Dharma Wacana Metro
W: https://e-jurnal.dharmawacana.ac.id/index.php/JCO
  Email: lppmstmikdw@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons License