PENDEKATAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN : STUDI KASUS PT BERNOFARM

Birgita Priska Avia1 Ridwan Yusuf2 Muhammad Reza Redo Islami3*
(1) STMIK Dharma Wacana
(2) STMIK Dharma Wacana
(3) STMIK Dharma Wacana
(*) Corresponding Author

Abstract

PT Bernofarm adalah bagian yang bertanggung jawab terhadap penjualan produk berupa obat oral dan injeksi. Marketing tersebut diwajibkan untuk menjual kepada rumah sakit dan apotek-apotek yang berada di kota Metro. Dalam pemesanan produk oleh pelanggan sering terjadinya kekosongan stok, sehingga hal ini membuat pelanggan beralih ke pembelian perusahaan lain. Adapun keluhan yang dialami oleh pelanggan yaitu keterlambatan nya pengiriman stok barang, kurang nya komunikasi antara salesman dengan rumah sakit dalam penagihan faktur obat, terjadinya ke kosongan stok dari pabrik serta kesalahan dalam penginputan orderan.Program CRM dapat membantu perusahaan melacak hampir semua detail bisnis yang terjadi antara perusahaan dan klien, mulai dari alamat penagihan hingga hari pengiriman. Sistem CRM pertama kali dikembangkan untuk bisnis besar dengan tim penjualan besar. CRM dapat membantu mengelola kontak dan catatan yang ada pada bisnis.

Keywords

CRM (Customer Relationship Management) , Sistem Informasi, Website, Pelayanan Pelanggan

Full Text:

PDF

References

Muhammad Hadi Al Gafar.2016.Implementasi Customer Relationship Management (CRM) pada penjualan online di toko utami. Jurnal nuansa informatika Vol. 11 No 1 September 2016. Universitas Kuningan.

Dodi Putra Sirait.2018.Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) dan kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Digest Marketing Vol. 3 No. 1 Januari-Juli 2018.

Veny Diastika Putri. 2014.Customer Relationship Management (CRM) Pada Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan Hotel.Skripsi. Fakultas Sains Dan Tekhnologi. Yogyakarta.

Mochamad Rizal Iskandar.2010.Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) ( Studi Kasus Di PT Kencana Berlian Makmur). Skripsi. Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). Bandung.

Daniel Yeri Kristiyanto.2017. Manajemen Berbasis Sekolah Menggunakan Enterprise Content Management System Media Pelayanan Publik Di Lingkungan TK Nasional Pakarti Luhur Kecamatan Pedurungan. Universitas PGRI Semarang.

Abdul Kadir.2014.Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi : Yogyakarta.

Mandar Ruko.2017.Kitab Kumpulan Tips, Latihan, Dan Soal Database Dengan Mysql Server, PhpMyAdmin, Dan Tools MySql.Jakarta

Edy Winarno, Ali Zaki,SmithDev.2014.Pemograman Web Berbasis HTML5, PHP, Dan Javascript.Jakarta.

Yudhanto, Yudha/Agus Purbayu. 2014.Toko Online Dengan PHP Dan MySql.Jakarta. Tim EMS.2014.Teori Dan Praktek PHP-MySql Untuk Pemula. Jakarta

Sidik, Betrha dan Husni Iskandar Pohan.2014. Pemograman Web Dengan HTML .Bandung.



DOI: https://doi.org/10.53514/jc.v1i2.61

Article Metrics

Abstract views: 839 times
PDF Downloaded: 408 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.53514/jc.v1i2.61.g38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________ 

Journal Computer Science and Informatic Systems:J-Cosys
ISSN 2776-9690 (online)
Managed by: Research and Community Service Institute
Published by: STMIK Dharma Wacana Metro
W: https://e-jurnal.dharmawacana.ac.id/index.php/JCO
E: lp3m.stmik@dharmawacana.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons License