Pengembangan UI/UX Pemesanan Servis AC Berbasis Web Studi Kasus di Maulana Teknik Solution

Bagus Ridho Prakoso1 Lukman Junaedi2* Achmad Zakki3 Natalia Damastuti4
(1) Program Studi Sistem Informasi Universitas Narotama
(2) Program Studi Sistem Informasi Universitas Narotama
(3) Program Studi Sistem Informasi Universitas Narotama
(4) Program Studi Sistem Informasi Universitas Narotama
(*) Corresponding Author

Abstract

Transformasi digital menjadi kebutuhan utama bagi usaha kecil dan menengah (UKM) dalam meningkatkan efisiensi dan daya saing bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) pada website Maulana Teknik Solution, sebuah layanan jasa servis AC, menggunakan pendekatan Lean UX. Metodologi Lean UX dipilih karena mengutamakan iterasi cepat, validasi langsung dari pengguna, dan kolaborasi tim. Penelitian dilakukan melalui tahapan Declare Assumption, Create an MVP, Run an Experiment, serta Feedback and Research. Prototipe dikembangkan dalam bentuk low-fidelity dan high-fidelity menggunakan Figma, dan diuji menggunakan metode usability testing dengan pendekatan SEQ (Single Ease Question) dan SUS (System Usability Scale). Hasil pengujian menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna merasa sangat mudah dalam menggunakan sistem (rata-rata skor SEQ mendekati 7), serta mendapatkan nilai SUS sebesar 83 yang termasuk dalam kategori “Excellent”. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan UI/UX berbasis Lean UX efektif dalam meningkatkan kemudahan penggunaan dan kepuasan pengguna, serta menjadi solusi digital yang potensial bagi pertumbuhan layanan servis AC.

 

Keywords

Lean UX; UI/UX Design; Service;

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Almeyda, H., & Prasetyo, M. (2025). Perancangan UI/UX Aplikasi Bengkel Pitcar Service Menggunakan Prototype Method. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 4(1), 1057-1069. Retrieved from https://centive.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/380

Purwaningtias, F., & Ulfa, M. (2024). Desain UI/UX Website Menggunakan Metode Lean UX. Journal of Information Technology Ampera, 5(1), 117–128. https://doi.org/10.51519/journalita.v5i1.589

Sibuea, K., & Windarto, Y. (2023, March 14). UI/UX Improvement on IVT feature: Loan Calculator with Lean UX method (Case Study: Lancar by Danamas). JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 10(1), 107-118. https://doi.org/https://doi.org/10.35957/jatisi.v10i1.2603

Wijaya, A., Al Fauzan, M. F., Syakti, F., & Putra, M. (2024). Implementasi Metode Lean Ux User Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Forum Group Discussion Charum. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 6(4), 732-745. https://doi.org/10.47233/jteksis.v6i4.1034

Azzam Azzikri, H., Susilo Yuda Irawan, A., & Rizal, A. (2024). PERANCANGAN ULANG UI/UX WEBSITE OK OCE INDONESIA MENGGUNAKAN METODE LEAN UX. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) , 8 (4), 7420–7427. https://doi.org/10.36040/jati.v8i4.10325

Yoga Setia Putra, Gito Resmi, M., & Agus Sunandar, M. (2024). DESIGNING UI/UX DESIGN OF MOBILE APPLICATION AT SOLARIA RESTAURANT USING LEAN UX METHOD. Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 18(2), 191-199. https://doi.org/10.35457/antivirus.v18i2.3777

Fakhruddin, Muhammad Annafi. (2024). LKP : Rancang Bangun Aplikasi Booking Service Berbasis Web pada usaCaraka Auto Service Kediri - Repositori Universitas Dinamika. Dinamika.ac.id . https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7536/5/20410100016-2024-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf

Najib, M., & Trafika, E. (2023). Designing UI/UX for CareerSite Website Using LeanUX Method. Information Technology International Journal, 1(1). https://doi.org/10.33005/itij.v1i1.3

Arifin, Al-Mu'taz Billah, dkk. “Redesain Website Marketplace Yulibu Com Untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna Pengguna Dengan Metode Lean UX.” Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi , vol. 3, tidak. 1, 30 September 2022, hlm. 91–108, https://doi.org/10.33479/sb.v3i1.191.

Gothelf, J., & Seiden, J. (2016). Lean UX. “O’Reilly Media, Inc.”

Olha Bahaieva. (2023). UX/UI Design Playbook. Olha Bahaieva.

Staiano, F. (2022). Designing and Prototyping Interfaces with Figma : Learn Essential UX/UI Design Principles by Creating Interactive Prototypes for Mobile, Tablet, and Desktop. Packt Publishing, Limited.

Gothelf, J., & Seiden, J. (2021). Lean UX: Designing Great Products with Agile Teams. O’Reilly Media.

Mulia, R.F. et al. 2025. Desain UI/UX e-Marketplace UMKM Pastry & Bakery (Bakehouse) dengan Metode Lean UX. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia. 7, 1 (Jan. 2025), 34–52. DOI:https://doi.org/10.35746/jtim.v6i4.624

Anggara, D., Harianto, W., & Aziz, A. (2021). PROTOTIPE DESAIN USER INTERFACE APLIKASI IBU SIAGA MENGGUNAKAN LEAN UX. Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi Dan Industri, 4(1), 58 - 74. https://doi.org/https://doi.org/10.33479/kurawal.v4i1.403



DOI: https://doi.org/10.53514/jco.v5i2.653

Article Metrics

Abstract views: 34 times
PDF Downloaded: 9 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.53514/jco.v5i2.653.g361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________ 

Journal Computer Science and Informatic Systems:J-Cosys
ISSN 2776-9690 (online)
Managed by: Fakultas Teknologi Bisnis dan Sains (FTBS)
Published by: Universitas Dharma Wacana
W: https://e-jurnal.dharmawacana.ac.id/index.php/JCO
  Email: lppmstmikdw@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons License