Penerapan Metode Bayes Dalam Prediksi Segementasi Pasar Penjualan Smartphone

Ahmad Zaki1*
(1) STMIK Dharma Wacana Metro
(*) Corresponding Author

Abstract

Smartphone merupakan salah satu perangkat telekomunikasi yang memiliki banyak sekali manfaat yang besar dalam kehidupan sehari hari. Hampir di setiap daerah terdapat toko yang menjual smartphone, setiap toko mencoba melakukan inovasi yang lebih baik terhadap produk yang dijual dengan menyesuaikan terhadap aspek geografis bisnis serta demografis agar produk yang ditawarkan bisa bertahan dan bersaing dengan toko lain yang sejenis. Sistem Pakar adalah suatu program komputer yang dirancang untuk mengambil keputusan seperti keputusan yang diambil oleh seseorang atau beberapa orang pakar. Menurut Marimin (1992), Sistem Pakar adalah sistem perangkat lunak komputer yang menggunakan ilmu, fakta dan teknik berpikir dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh tenaga ahli dalam bidang yang bersangkutan. Adapun tujuan yang akan dicapai adalah untuk membuat aplikasi sistem pakar yang berguna sebagai alat bantu untuk mendapatkan informasi dalam segementasi pasar penjualan smartphone. Hasil dalam penelitian ini adalah sistem pakar untuk menentukan segmentasi pasar penjualan smartphone di suatu daerah berdasarkan aspek geografi bisnis dan demografi dengan metode bayes yang memberikan nilai probabilitas pada produk smartphone.

Full Text:

PDF

References

Sutojo, T. dan Edy Mulyanto, Vincent Suhartono 2010. KECERDASAN BUATAN. Yogyakarta : ANDI Yogyakarta.

Kotler & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid I. Jakarta. PT. Erlangga.

Malhotra, N. K. 2005. Riset Pemasaran, Pendekatan Terapan. Edisi keempat. Jilid 2. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta

Kasali, R. (2007). Membidik Pasar Indonesia: Segementasi, Targeting, Positioning. Jakarta: Gramedia Pusaka Utama.

Julianda, Ikko dan Eka Komalasari. 2017. Faktor Yang Memperngaruhi Konsumen Dalam Pembelian Produk Smartphone Samsung. Riau : Universitas Islam Riau.

Upoyo, Gangsar. 2018. Faktor Yang Memperngaruhi Konsumen Membeli Smartphone Oppo. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Nuriyanti, Widya. 2017. Segementasi Pasar Berdasarkan Demografi Dalam Memilih Sepeda motor Matic Di Wilayah Depok. Jakarta Timur : Universitas Indraprasta PGRI.



DOI: https://doi.org/10.53514/jc.v1i1.15

Article Metrics

Abstract views: 555 times
PDF Downloaded: 1382 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.53514/jc.v1i1.15.g22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________ 

Journal Computer Science and Informatic Systems:J-Cosys
ISSN 2776-9690 (online)
Managed by: Fakultas Teknologi Bisnis dan Sains (FTBS)
Published by: Universitas Dharma Wacana
W: https://e-jurnal.dharmawacana.ac.id/index.php/JCO
  Email: lppmstmikdw@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons License