ANIMASI PENGENALAN FLORA DAN FAUNA UNTUK ANAK SD BERBASIS ANDROID
(1) Universitas Widya Dharma
(2) Universitas Widya Dharma
(*) Corresponding Author
Abstract
mengajar maka dibuatlah suatu media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah merancang animasi media pembelajaran interaktif untuk pembelajaran, dengan materi pengetahuan flora dan fauna untuk anak SD kelas 4. Animasi ini dirancang dengan adobe flash CS6 serta ActionScript 3.0 untuk finishingnya. Metode yang digunakan dalam perancangan dengan menggunakan metodologi pengembangan multimedia terdiri dari 6 tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Dalam pembuatan aplikasi ini dikonsentrasikan pada empat elemen penting pembelajaran yaitu materi mengenal flora, materi mengenal fauna, quiz, game dan panduan. Materi pengenalan flora dan fauna ini terdapat dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang akan disampaikan dalam media teks, gambar, audio dan video. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi animasi media pembelajaran interaktif berbasis android. Pembuatan dan perancangan animasi mengenal flora dan fauna ini mampu untuk menarik minat belajar siswa-siswi SD kelas 4 dengan hasil kuisioner 4% tidak setuju, 46% setuju, 50% menyatakan sangat setuju menggunakan aplikasi ini. Sehingga diharapkan aplikasi ini dapat memberi kemudahan bagi anak-anak di SD utamanya untuk SD Negeri 1 Pokak, Klaten dalam memahami pengetahuan flora dan fauna.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, M. M., Purnama, B. E., dan Nugroho, G. K. (2013). Pembangunan Media Pembelajaran Teknik Komputer Jaringan Kelas X Semester Ganjil Pada Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bangsa Pati Berbasis Multimedia Interaktif. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 4(3).
A. Suradi, “Interaksi Manusia dan Komputer,” 1st ed., Yogyakarta: AG. Litera, 2016.
Permana, M. S., dan Damiri, D. J. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma, 11.
Rosyida, S. (2017, Februari). Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran tentang Pengenalan Vitamin yang Terkandung di Dalam Buah. Jurnal Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa, 3, 17-23.
Prayoga, G. S., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Model Tutorial Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VIII Semester Genap Di SMP Negeri 6 SingaRaja Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2).
H, N. S. (2015). Android: Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android Revisi Kedua. Bandung: Informatika.
Hidayat, R. (2009). Mudah dan Praktis Pake Adobe Photoshop CS3. Yogyakarta: Cakrawala.
K, Ichwan. (2015). Membuat Media Pembelajaran Dengan Adobe Flash CS6. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Muhammad Rusli, D. (2017). Multimedia Pembelajaran Yang Inovatif Prinsip Dasar dan Model Pengembangan. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Muhtadi, Khoirul (2019). Visualisasi Pencegahan Aksi Bullying Untuk Anak SD Berbasis Adobe Flash CS6. Klaten: Universitas Widya Dharma.
Novitasari, Windy (2019).Aplikasi Pembelajaran Bahasa Korea Berbasis Android. Klaten: Universitas Widya Dharma.
Pamungkasih, Hela Putriyanti (2019).Animasi Media Pembelajaran Mengenal Aksara Jawa Untuk Anak SD Menggunakan Adobe Flash CS6. Klaten: Universitas Widya Dharma.
Prof. Dr. Azhar Arsyad, M. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusmawan, U. (2019). Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemograman. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Tahun, Munir (2012).Konsep & Aplikasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.53514/jco.v2i2.322
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________
Journal Computer Science and Informatic Systems:J-Cosys
ISSN 2776-9690 (online)
Managed by: Fakultas Teknologi Bisnis dan Sains (FTBS)
Published by: Universitas Dharma Wacana
W: https://e-jurnal.dharmawacana.ac.id/index.php/JCO
Email: lppmstmikdw@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.