Analisis Intention to Use dalam Penggunaan QRIS Sebagai Digital Payment bagi Mahasiswa

Nurlaili Rahmi1 Kurniati Kurniati2* Herlinda Kusmiati3
(1) Politeknik Negeri Sriwijaya
(2) Politeknik Negeri Sriwijaya
(3) Politeknik Negeri Sriwijaya
(*) Corresponding Author

Abstract

Salah satu inovasi dari kemajuan teknologi yakni penggunaan uang elektronik berbasis server sebagai pembayaran non tunai (e-wallet). E-wallet ini digunakan apabila pedagang menyediakan aplikasi e-wallet tertentu yang sama digunkaan juga oleh pelanggan. Bank Indonesia menginisiasi sebuah sistem pembayaran digital melalui apllikasi QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk menstandarisasi seluruh aplikasi e-wallet yang menggunakan sistem QR Code untuk melakukan transaksi pembayaran. Penelitian ini mengkaji apa saja yang mempengaruhi intention of use dalam implementasi penggunaan QRIS sebagai digital payment di lingkungan mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya jurusan Manajemen Informatika. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya intention of use diantaranya adalah perceived usefulness, perceived ease of use, Trust dan Perceived Risk. Ukuran sampel yang digunakan sebanyak 100 responden pengguna QRIS di Palembang melalui metode purposive sampling dengan menyebarkan Google Formulir. Hasil pengujian menggunakan analisis regresi linear berganda yang menghasilkan data (1) perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention of use, (2) perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention of use, (3) Trust juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention of use dan (4) Perceived Risk berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention of use. Berdasarkan hal ini disimpulkan bahwa perceived usefulness, perceived ease of use, Trust dan Perceived Risk yang baik sangat mempengaruhi perilaku intention of use

Keywords

Digital Payment, QRIS, TAM

Full Text:

PDF

References

bi.go.id. (2019). QR Code Indonesian Standard (QRIS). bi.go.id. https://www.bi.go.id/QRIS/default.aspx

Dewi Sartika Nasution, Muhammad Muhajir Aminy, L. A. R. (2019). Ekonomi Digital. Sanabil.

Faizani, S. N., & Indriyanti, A. D. (2021). Analisis Pengaruh Technology Readiness terhadap Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use terhadap Behavioral Intention dari Quick Response Indonesian Standard (QRIS) untuk Pembayaran Digital (Studi Kasus: Pengguna Aplikasi e-Wallet Go-Pay, DANA, OVO. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(2), 85–93. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/39738

Fatmawati, M. N. R., & Yuliana, I. (2019). Pengaruh Transaksi Non Tunai Terhadap Jumlah Uang Beredar Di Indonesia Tahun 2015- 2018 Dengan Inflasi Sebagai Variabel Moderasi. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan Dan Akuntansi, 11(2), 269–283. https://doi.org/10.35313/ekspansi.v11i2.1608

Kurniawati, E. T., Zuhroh, I., & Malik, N. (2021). Literasi dan Edukasi Pembayaran Non Tunai Melalui Aplikasi QR Code Indonesian Standard (QRIS) Pada Kelompok Milenial. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 05(01), 23–30.

Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16-30. https://doi.org/10.35326/jiam.v3i1.612.

Lucyanda, J., Fakultas, D. A., & Unisma, E. (2010). Pengujian Technology Acceptance Model (Tam) Dan Theory Planned Behavior (Tpb). JRAK Agustus, 2(1995), 1–14. https://doi.org/10.33558/jrak.v1i2.124

Musyaffi, A. M., & Kayati, K. (2020). Dampak Kemudahan dan Risiko Sistem Pembayaran QR Code: Technology Acceptance Model (TAM) Extension. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 161. https://doi.org/10.33603/jibm.v3i2.2635

Muzdalifa, I., Rahma, I. A., & Novalia, B. G. (2018). Peran Fintech Dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif Pada UMKM Di Indonesia (Pendekatan Keuangan Syariah). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1). https://doi.org/10.30651/jms.v3i1.1618

Novi Arianti, N. L., Sri Darma, G., Fredy Maradona, A., & Mahyuni, L. P. (2019). Menakar Keraguan Penggunaan QR Code Dalam Transaksi Bisnis. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(2), 67. https://doi.org/10.38043/jmb.v16i2.2041

Perdana, I. K. D., & Sinarwati, N. K. (2022). Penerapan Transaksi Payment Gateway berbasis QRIS pada UMKM (Study Empiris Pada Pedagang di Pantai Penimbangan). Jurnal Manajemen, 8(2), 331–337. https://repo.undiksha.ac.id/9553/%0Ahttps://repo.undiksha.ac.id/9553/9/1717051396

Pintubipar Saragih, S., & Nopriadi, N. (2019). Pengaruh Budaya Terhadap Actual Use Digital Payment System Pada Pelaku UMKM di Kota Batam. Journal of Applied Informatics and Computing, 3(2), 63–67. https://doi.org/10.30871/jaic.v3i2.1646

Puspita, Y. C. (2019). Penggunaan Digital Payment Pada Aplikasi Ovo. Jurnal Manajemen Informatika, 09(02), 121–128. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/29471/26993

Rizkiyah, K., Nurmayanti, L., Macdhy, R. D. N., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Digital Payment terhadap Perilaku Konsumen Pengguna Platform Digital Payment OVO. Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1), 107–126.

Sugiyono (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Al-Qardh, 4(1), 60–75. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1442



DOI: https://doi.org/10.53514/jco.v3i2.413

Article Metrics

Abstract views: 292 times
PDF Downloaded: 172 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.53514/jco.v3i2.413.g242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________ 

Journal Computer Science and Informatic Systems:J-Cosys
ISSN 2776-9690 (online)
Managed by: Research and Community Service Institute
Published by: STMIK Dharma Wacana Metro
W: https://e-jurnal.dharmawacana.ac.id/index.php/JCO
E: lp3m.stmik@dharmawacana.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons License